Pendiri Rumah Cemara Berpulang

Roni Kurniawan    •    Jumat, 22 Jun 2018 08:55 WIB
obituari
Pendiri Rumah Cemara Berpulang
Pendiri komunitas Rumah Cemara Deradjat Ginandjar Koesmayadi (Ginan Koesmayadi) semasa hidup. (MI/Sumaryanto)

Bandung: Pendiri komunitas Rumah Cemara Deradjat Ginandjar Koesmayadi (Ginan Koesmayadi) meninggal dunia, pada Kamis malam, 21 Juni 2018, sekitar pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Advent Bandung, Bandung, Jawa Barat.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah meninggal dunia, Ginan Koesmayadi salah seorang pendiri Rumah Cemara," ujar konsultan komunitas Rumah Cemara Tri Irwanda melalui pesan singkat, Jumat 22 Juni 2018 pagi.

Tri menuturkan, Ginan sempat dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) RS Advent Bandung pada Kamis petang. Tri hingga kini belum bisa memastikan penyebab meninggalnya Ginan.

"Masih belum jelas apakah serangan jantung atau stroke. Nanti dari pihak keluarga yang akan menyampaikan. Karena kemarin memang sempat dibawa ke UGD," sambungnya.

Pantauan Medcom.id di rumah duka, Jalan Dr Slamet No. 6, Kota Bandung, bingkaian bunga ucapan belangsukawa memenuhi halaman rumah duka. Selain itu, para pemuda dari berbagai komunitas di Bandung telah memadati halaman rumah duka untuk mengantarkan jenazah Ginan hari ini.


Bingkaian bunga ucapan belangsukawa di halaman rumah duka. (Medcom.id/Roni)

Ginan merupakan salah satu pendiri komunitas Rumah Cemara yang berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV-AIDS, konsumen narkoba, serta kaum marginal lainnya di Indonesia melalui pendekatan dukungan cara anak muda.

Ginan pun sempat membawa harum nama Indonesia kala berjuang di Homeless World Cup, baik sebagai pemain maupun manajer sejak beberapa tahun silam.


(LDS)