Empat Oknum Anggota Ormas Ditangkap karena Lakukan Pemerasan

Antonio    •    Senin, 24 Sep 2018 20:08 WIB
pemerasan
Empat Oknum Anggota Ormas Ditangkap karena Lakukan Pemerasan
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal

Bekasi: Polsek Bantargebang menangkap empat oknum anggota organisasi masyarakat (ormas) dan karang taruna yang diduga melakukan pemerasan kepada pengemudi truk.

Mereka ditangkap di kawasan RT 04/RW 0‎2 Bantargebang, Bekasi, Kamis 20 September 2018. Keempat orang itu adalah MBS, 32, A, 32, M, 46, dan AA ,34.

Kapolsek Bantargebang, Kompol Siswo mengatakan, Mereka dilaporkan oleh pengusaha bus rekanan perusahaan yang kerap menjadi korban  ke Polsek Bantargebang.

"Sekitar 300 meter truk keluar dari perusahaan, pelaku meminta uang Rp10 ribu per truk. Sejauh 300 meter para sopir truk dimintai lagi Rp5 ribu dan di titik terakhir mereka dimintai lagi Rp2 ribu," kata Siswo saat dikonfirmasi, Senin, 24 September 2018.

Siswo menjelaskan, para pelaku sudah beraksi selama enam bulan di lokasi tersebut. Menurut Siswo, ada sebanyak 250 truk yang melintas dalam sehari. 
"Kami kalkulasikan sekitar Rp2 juta sampai 3 juta perhari. Total ada sekitar Rp60 sampai Rp70 juta perbulan uang yang dihasilkan pelaku," jelas Siswo.

Siswo menyatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan untuk memastikan kemana saja aliran dana yang mereka peroleh.

"Di sini masih kita dalami, tidak mungkin uang sebanyak itu dia untuk dirinya sendiri apakah itu nanti ada aktornya yang di dalamnya, atau setoran itu larinya kemana, nanti akan kita kejar," ungkap Siswo.

Dari peristiwa tersebut polisi menyita barang bukti berupa uang Rp9 ribu, karcis retribusi liar dan uang hasil retribusi sebesar Rp797.500.

Akibat perbuatannya, empat orang itu dikenakan Pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.


(DEN)