Jasa Marga Siapkan Gerbang Tol Gedebage

Roni Kurniawan    •    Kamis, 15 Jun 2017 16:14 WIB
mudik lebaran 2017
Jasa Marga Siapkan Gerbang Tol Gedebage
Antrean kendaraan dari arah barat menuju arah timur memadati ruas gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, -- ANT/Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Jasa Marga menyiapkan Gerbang Tol Gedebage untuk dioperasikan saat arus mudik Lebaran. Namun, Gerbang Tol Gedebage baru dioperasikan jika terjadi penumpukan kendaraan di pintu keluar Tol Cileunyi.

General Manager Jasa Marga cabang Purbaleunyi Setiabudi mengatakan, Gerbang Tol Gedebage akan difungsikan secara situasional. Gebang Tol Gedebage akan dibuka jika antrean kendaraan yang hendak keluar dari Gerang Tol Cileunyi mencapai 5 kilometer.

"‎Kita mencoba membagi beban ruas arteri Nagreg dengan membuka gerbang tol di KM 149. Di lokasi yang nantinya dibangun akses Gedebage," kata Setiabudi di kantor Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Jalan Dr Djundjunan (Pasteur), Bandung, Jabar, Kamis 15 Juni 2017.

Menurut Setiabudi, di Gerbang Tol Gedebage telah disiapkan tiga gardu untuk jalur alternatif keluar dari Tol Purbaleunyi. Berdasarkan perhitungan Jasa Marga, setiap gardu bisa melayani 1.800 kendaraan per jam dan diharapkan bisa mengurai antrean.

"Jadi, kita harapkan kendaraan yang biasa keluar dari Gerbang Tol Cileunyi sebanyak 42.000 bisa dikurangi 4.800 dengan adanya Gerbang Tol Gedebage," ujar dia.

Pengoperasian Gerbang Tol Gedebage juga tidak berlaku permanen. Rencananya, Gerbang Tol Gedebage untuk melayani warga yang ingin mengarah ke Bandung Timur dan hanya dibuka pada H-4 sampai H+4 Lebaran.

Setiabudi mengakui, Gerbang Tol Cileunyi menjadi akses favorit bagi masyarakat yang mudik menuju jalur selatan. Sehingga, gardu yang semula hanya delapan akan ditambah menjadi 10.

"Tahun lalu, pada Lebaran pertama ada 42.000 kendaraan melintas di Gerbang Tol Cileunyi. Meningkat 150 persen dari biasnaya hanya 30.000 kendaraan," pungkasnya.


(NIN)