Karena 'West Java', Aher Ingin Maraton tak Cuma di Bandung

Jaenal Mutakin    •    Minggu, 30 Jul 2017 11:00 WIB
maraton
Karena 'West Java', Aher Ingin Maraton tak Cuma di Bandung
Peserta Bandung West Java Marathon. (Metrotvnews.com/Jaenal)

Metrotvnews.com, Bandung: Sekitar 6.500 pelari dari berbagai usia saling adu cepat pada helatan Bandung West Java Marathon, Minggu, 30 Juli 2017. Pelari dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Gelaran ini digadang-gadang bisa menjadi ajang promosi wisata di Jawa Barat. Pasalnya, lomba lari dengan lima kategori itu diikuti oleh peserta dari luar Bandung. Aher mengklaim 75 persen peserta dari luar Kota Kembang. 

"Bahkan, terdapat peserta dari Singapura, Malaysia, Tiongkok, Amerika Serikat, dan sejumlah negara lainnya," kata Aher. 

Dia berharap perhelatan ini bisa menjadi ajang tahunan. Bukan saja Bandung, maraton juga bisa digelar di wilayah lain. Tujuannya, untuk mengenalkan lokasi-lokasi wisata di kota atau kabupaten di Jabar.

"Sangat mungkin kita lakukan seperti itu, karena membawa nama 'West Java', kegiatan ini bisa dilakukan di kabupaten kota lainnya di Jabar," katanya.

Bandung West Java Marathon terbagi menjadi lima kategori. Yaitu Kid Dash, 5K, 10K, Half Marathon (21K) dan Full Marathon (42K). Rutenya, Gedung Sate-Fly Over Pasupati-Gedung Merdeka-Jalan Asia Afrika-Masjid Raya/Alun-Alun-Jalan Braga.

"Ini sudah promosi pariwisata. Dengan rute yang ditempuh, peserta diajak keliling kota, dikenalkan pada ikon-ikon khas di sini," ujarnya.


(SAN)