Polda Jabar Menyiapkan Pengamanan di Empat Titik Jalur Mudik

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 05 Jun 2017 11:48 WIB
mudik lebaran 2017
Polda Jabar Menyiapkan Pengamanan di Empat Titik Jalur Mudik
Ribuan kendaraan memadati di jalur pantura, Cirebon, Jawa Barat, pada H-3 Lebaran 2016 -- ANT/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Bandung: Langkah pengamanan disiapkan di empat titik jalur mudik. Empat titik jalur mudik yang dimaksud, yaitu jalur Pantura, jalur tengah, Tol Cipali, dan jalur selatan.

"Kita sudah siapkan pengamanan di empat jalur tersebut dengan kriteria masing-masing," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Bandung, Jawa Barat, Senin 5 Juni 2017.

Yusri menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah untuk pengaturan buka tutup jalan bila terjadi kemacetan di jalur perbatasan Jabar-Jateng. "Buka tutup jalan akan dilakukan di Cipali (Cikopo-Palimanan). Nantinya, Korlantas yang mengatur kapan jalan ditutup dan dibuka," terangnya.

(Baca: Pantura Bersiap Hadapi Mudik)

Menurut Yusri, pengamanan khusus juga akan dilakukan di rest area jalan tol. "Kita imbau pemudik jangan terlalu lama beristirahat, karena akan menyebabkan macet. Nanti kita juga koordinasi dengan pihak Pertamina," tambahnya.

(Baca: Jalur Alternatif Tol Siap Dukung Perjalanan Mudik Lebaran 2017)

Yusri menambahkan, beberapa jalur alternatif sudah bisa dilalui pada H-10. Fasilitas pendukung, seperti marka dan penerangan jalan, akan segera dilengkapi.

"Kita imbau tidak semua masuk ke Tol Cipali dan Cikampek. Masih ada jalur alternatif untuk menghindari kemacetan," pungkasnya.

 


(NIN)