Tangerang dan Jagorawi Susul Bekasi Terapkan Green Line

Antonio    •    Senin, 19 Mar 2018 11:04 WIB
sistem ganjil genap
Tangerang dan Jagorawi Susul Bekasi Terapkan <i>Green Line</i>
Sistem ganjil genap Tol Cikampek. (ANT/Widodo S jusuf)

Bekasi: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana memberlakuan paket kebijakan green line yang telah berjalan di Tol Jakarta-Cikampek di Tangerang dan Tol Jagorawi.

Paket kebijakan itu antara lain sistem ganjil genap untuk kendaraan pribadi, pembatasan operasional kendaraan golongan 3, 4 sampai 5, dan penyediaan jalur khusus Bus. Paket kebijakan itu diberlakukan pukul 06.00-09.00 WIB dari Senin sampai Jumat.

Budi berencana memberlakukan paket kebijakan di jalan-jalan menuju Jakarta. Sebelum pemberlakuan di Tangerang, kata dia, pihaknya berencana memberlakukan di Tol Jagorawi.

Tapi, yang diberlakukan hanya jalur khusus bus (HOV Lane) di Tol Jagorawi. "Mungkin yang akan diberlakukan di Jagorawi, tapi di sana kan tidak ada truk ya, mungkin yang akan dilakukan adalah dengan memberikan jalur  khusus untuk bus," tuturnya, saat mengevaluasi pelaksanaan paket kebijakan di Bekasi, Minggu, 18 Maret 2018.

Untuk memberlakukan paket kebijakan tersebut, ia  menunggu tanggapan Jasamarga dan stakeholder terkait. Jika seluruh stakeholder setuju, maka akan segera dibuat jalur khusus bus.

Sementara untuk pemberlakuan paket kebijakan di Tangerang, kemungkinan masih cukup lama. Sebelum dilaksanakan, ia meminta agar warga Tangerang mendukung dan memberikan pendapat.

"Itu belum kita berlakukan, jadi dewan Kota Tangerang silahkan berikan pendapat sebelum kita lakukan," kata Budi.



(LDS)