Kini Ada Bus yang Bisa Mengangkut Orang Sekaligus Sepeda Motor

Roni Kurniawan    •    Senin, 02 Oct 2017 12:00 WIB
kota bandung
Kini Ada Bus yang Bisa Mengangkut Orang Sekaligus Sepeda Motor
Ilustrasi MotoBus

Metrotvnews.com, Bandung: Selama ini, bus antarkota biasanya hanya mengangkut orang. Kini, salah satu perusahaan transportasi asal Jakarta menghadirkan inovasi layanan transportasi massal bernama MotoBus yang mampu mengangkut orang sekaligus sepeda motor.

MotoBus segera tersedia untuk rute Bandung-Jakarta dan sebaliknya mulai 27 Oktober 2017. MotoBus bakal menggunakan armada bus jenis tingkat (double decker) buatan Mercedes-Benz dengan fasilitas WiFi, serta slot USB charger untuk pengisian daya gawai.

Lantai atas akan diisi penumpang dengan kapasitas 50 orang. Sedangkan, di bagian bawah diisi sepeda motor di bawah 150 cc dengan kapasitas 13 unit.

Pemerintah Kota Bandung menyambut baik rencana transportasi baru yang bisa mengangkut manusia serta sepeda motor ini. Namun, hingga kini Pemkot Bandung belum menerima rekomendasi dari PT Motobus Trans Nusantara selaku perusahaan yang menggagas MotoBus.

"Sampai sekarang belum ada proposal ataupun rekomendasi. Jadi, kita belum bisa memberikan keterangan maupun teknisnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Jawa Barat, Senin 2 Oktober 2017.

Didi menjelaskan, konsep yang ditawarkan MotoBus sebanarnya tidak sesuai dengan visi misi Kota Bandung yang tengah berusaha menularkan virus bersepeda. "Kalau yang dibawa ke Bandung sepeda, itu yang sedang kita cari untuk kerjasama," tuturnya.

Menurut Didi, harus dilakukan kajian terlebih dahulu terkait rencana inovasi layananan transportasi massal semacam MotoBus. Termasuk bus yang digunakan serta rute dan shuttle tempat bus akan berhenti.


(NIN)