Uu Jamin Program untuk Pesantren Segera Berjalan

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 20 Oct 2018 21:47 WIB
Uu Jamin Program untuk Pesantren Segera Berjalan
PRA Arif Natadiningrat Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan (Blangkon), KH Miftahul Akhyar (Rois Aam PBNU) dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal segera merealisasikan program untuk pesantren. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjamin setidaknya segera menjalankan Pesantren Mart (Trenmart) dan produk unggulan pesantren.

Pemprov Jawa Barat akan menekankan setiap pondok pesantren memiliki usaha sendiri. Uu menyebut tidak sedikit pondok pesantren di Jawa Barat mati setelah ditinggal oleh pendirinya.

Biasanya, kata Uu, hal tersebut lebih disebabkan pondok pesantren tak mapan dari segi finansial. Pesantren diharaonya bisa mandiri dan terus bisa berkembang jika punya produk unggulan.

"Kita usahakan agar pesantren tidak mati dan terus tumbuh, dengan adanya usaha yang dimiliki oleh pesantren," kata Uu saat menghadiri Festival Tajug di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 20 Oktober 2018.

Pondok pesantren yang ada di Jawa Timur sangat banyak. Namun, mereka masih tetap berkembang hingga saat ini karena memiliki sumber ekonomis.
 
"Sehingga nanti, selain mini market, pesantren di Jabar harus punya produk unggulan. Baik itu hasil pertanian atau produk lainnya,” kata Uu.

Uu menyebut program tersebut sedang dibahas. Pihaknya merencanakan program untuk pesantren ini direalisasikan tahun depan.
(SUR)