Jembatan Putrapinggan Akan Dibangun Baru

Jaenal Mutakin    •    Senin, 10 Oct 2016 16:18 WIB
longsor
 Jembatan Putrapinggan Akan Dibangun Baru
Kondisi jembatan Putrapinggan, penghubung Jabar-Jateng yang amblas terkena banjir longsor. (Foto: ANTARA/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), memastikan amblasnya jembatan Putrapinggan di Pangandaran, Jawa Barat, sudah teratasi.

Akses yang terputus  sudah bisa dilalui kembali meski belum maksimal. Jembatan sementara (bailey) pun sudah terpasang untuk membuka kembali jalur penghubung antara Jawa Barat dan Jawa Tengah itu.

"Bailey dipasang dua arah. Tapi minimal satu arah dulu, gantian. Tapi kalau nanti pada saatnya juga dibangun bailey dua arah," kata Aher, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/10/2016).

Jembatan ambrol setelah dihantam banjir besar yang melanda kawasan tersebut. Terlebih, kiriman air banjir tersebut membawa puing-puing kayu, bambu, dan material lainnya yang terus menghantam jembatan tersebut.

"Pondasi sekuat apapun, ketika bandang, ya begini," katanya. 

Aher mengatakan, lantaran pondasi jembatan yang sudah rusak, jembatan tidak akan diperbaiki. Melainkan dibangun baru untuk meminimalisasi risiko.

"Jembatannya Enggak mungkin diperbaiki karena sudah melengkung. Sangat Berisiko, jadi dibuat baru, saya belum lihat detailnya seperti apa," katanya.


(MEL)