Banjir Bandang Terjang Cianjur

Budi Kansil    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:57 WIB
banjir
Banjir Bandang Terjang Cianjur
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Cianjur: Puluhan rumah di Kampung Begod dan Kampung Pos Desa/Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terdampak banjir bandang pada Senin malam 19 September 2016. Ketinggian air mencapai 80 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, menjelaskan banjir terjadi pukul 17.30 WIB usai hujan deras yang turun sejak siang. "Air akhirnya meluap ke permukiman warga," kata Asep, Selasa (20/9/2016).

Hingga siang tadi, tim BPBD dan warga setempat masih membersihkan sisa-sisa banjir bandang di lingkungan rumah warga. Termasuk, memberikan bantuan logistik berupa selimut dan tikar. 

Intensitas dan frekuensi hujan tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya. Asep memprediksi curah hujan akan terjadi sepanjang tahun. 

"Tentunya ini memicu potensi bencana alam sangat tinggi. Tak hanya banjir, pergerakan tanah dan longsor dikhawatirkan terjadi. Kita sudah menetapkan status siaga bencana," ujarnya.

Sebelumnya, pada Rabu 15 September, di kawasan Kebun Raya Cibodas di Kampung Cihurang RT 05/07 Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, tebing setinggi 10 meter ambruk hingga menimpa rumah. Seorang warga, Tarsiah, 36, meninggal dunia karena tertimbun tanah longsor. 

"Ini akibat badai La Nina. Mestinya September ini sudah masuk musim kemarau, tapi karena ada La Nina, musim sekarang lebih ekstrem," kata Asep.


(UWA)