Panitia Sediakan 2.700 Kursi Gratis Nonton Pembukaan PON 2016

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 08 Sep 2016 13:59 WIB
pon 2016
Panitia Sediakan 2.700 Kursi Gratis Nonton Pembukaan PON 2016
Sejumlah orang melakukan latihan untuk acara pembukaan PON pada 17 September 2016 di Stadion GBLA Bandung, Ant - Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Warga dapat menyaksikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA) di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Panitia menyediakan 2.700 kursi gratis untuk warga di Kota Bandung.

Ketua Bidang Promosi dan Dana Usaha Panitia Besar (PB) PON XIX, Hening Widiatmoko, mengatakan ribuan tiket itu sudah dicetak. Sedianya, tiket untuk penonton VIP itu dijual Rp200 ribu per lembar.

"Namun Ketua PB PON Ahmad Heryawan membatalkan penjualan tiket. Ya kami jadikan tiket itu sebagai undangan saja, tidak untuk dijual," ujar pria yang akrab disapa Widi itu.

Teknis penyebaran tiket, kata Widi, merupakan wewenang Pemerintah Kota Bandung yang menjadi 'pemilik' GBLA. 

Widi memprediksi warga Kota Bandung dan sekitarnya akan bersemangat untuk menonton pembukaan PON yang berlangsung pada Sabtu 17 September itu. Apalagi, tiket gratis akan menjadi incaran para penonton.

Namun Widi menyarankan warga tak memaksakan diri menonton langsung acara pembukaan di stadion. Ia khawatir suasana berdesak-desakan malah merugikan penonton.

"Parkir kendaraan pun jadi sulit. Jadi lebih baik menonton di televisi saja," lanjut Widi.

Jawa Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XIX/2016. Even olahraga tingkat nasional itu berlangsung mulai 17 hingga 29 September.

Kota Bandung menjadi lokasi pembukaan PON. Pemerintah kota pun berbenah. Satu di antaranya membenahi Stadion GLBA sebagai lokasi acara pembukaan dan arena pertandingan sejumlah cabang olahraga.


(RRN)