Presiden Jokowi Soroti Sungai Citarum yang Terkontaminasi

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 28 Dec 2017 18:46 WIB
lingkunganpengolahan limbah
Presiden Jokowi Soroti Sungai Citarum yang Terkontaminasi
Presiden Joko Widodo saat kunjungan di Bandung, Jawa Barat, 28 Desember 2017. Foto: Medcom.id / Jaenal Mutakin

Bandung: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  menyinggung soal Sungai Citarum, Jawa Barat, yang terkontaminasi. Dia mengkritik pengelolaan dan pengawasan limbah industri yang tak serius.

"Dari informasi yang saya terima, sungai Citarum sudah menjadi sungai yang kotor, diakibatkan dari polusi pabrik yang masuk kesana. Bahkan beberapa bakteri sudah masuk ke sana, ini tidak baik untuk pertanian di hulu dan hilir," kritik Jokowi saat kunjungan di Bandung, Kamis, 28 Desember 2017.

Dia berharap sungai Citarum perlu mendapatkan perhatian khusus dan menyeluruh dari pemerintah daerah. Sebab banyak warga yang hidupnya bergantung ke sungai ini. Mulai dari untuk pertanian hingga kebutuhan air bersih.

"Citarum kotor tidak bagus untuk penduduk yang memanfaatkan Citarum untuk air bersih, terutama penduduk di Jakarta yang mengambil  airnya dari Citarum," tegas dia.

Presiden mengatakan, pada pertengahan Januari 2018, pemerintah akan memulai revitalisasi Citarum secara menyeluruh mulai dari hulu sampai hilir. Terutama pembenahan di anak-anak sungai yang dialiri mulai dialiri limbah pabrik.

Mantai Gubernur DKI Jakarta ini bertekad mengembalikan Citarum ke kondisi yang bersih dan lestari dulu. Sebab, Jokowi menyadari sungai Citarum memiliki peranan besar untuk kehidupan masyarakat Jawa Barat dan Ibu Kota.


(SUR)