KPU Jabar Targetkan Partisipasi Pemilih Hingga 77,5 Persen

Ahmad Rofahan    •    Senin, 30 Oct 2017 19:13 WIB
pilgub jabar 2018
KPU Jabar Targetkan Partisipasi Pemilih Hingga 77,5 Persen
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Cirebon: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menargetkan angka partisipasi pemilih di Pemilihan gubernur Jabar mencapai 77,5 persen. Angka itu naik dibandingkan pada pemilihan sebelumnya yang ditargetkan mencapai 71 persen. 

“Kami mencoba meningkatkan partisipasi pemilih hingga mencapai 77,5 persen,” kata Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq, di Cirebon, Senin 30 Oktober 2017.
 
Untuk meningkatkan angka partisipasi tersebut, KPU Jawa Barat punya dua cara, yaitu melalui strategi udara dan darat. Sebab, meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilihan, tidaklah mudah. Endun mengistilahkan, sosialisasi dan penyampaian informasi yang dilakukan oleh KPU melalui media, merupakan salah satu strategi udara yang akan dilakukan.
 
“Strategi udara yang dilakukan, yaitu melalui media,” kata Endun.
 
Sedangkan strategi darat yang akan dilakukan oleh KPU, yaitu dengan melibatkan 750 ribu petugas penyelenggara. Petugas tersebut nantinya akan mendatangi masyarakat ke rumah-rumah, untuk memberikan pemahaman terkait pemilihan yang akan dilakukan nanti.
 
“Mereka juga bisa datangi pengajian-pengajian, untuk bisa memberikan informasi tentang pemilihan ini,” ujar Endun.
 
Endun juga menjelaskan, bahwa pihaknya akan melantik sekitar 3.000 Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di pada Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat. Pihaknya juga siap memberikan sanksi tegas, jika ditemukan petugas yang tidak profesionl dan berintegritas.
(ALB)