Lima Negara Pasifik Bahas Soal Kemanan di Bandung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 24 Oct 2017 12:03 WIB
polri
Lima Negara Pasifik Bahas Soal Kemanan di Bandung
Kapolri Jenderal Tito Karnavian -- MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Kapolri Jenderal Tito Karnavian membuka acara pertemuan negara anggota Melanesian Spearhead Group (MSG) di Bandung, Jawa Barat, Senin 23 Oktober 2017. Ada lima negara Pasifik yang ikut dalam kegiatan ini, yaitu Fiji, Wanuwatu, Papua Nugini, dan Solomon.

"Ini kelanjutan dari pertemuan di Fiji dan Jakarta beberapa waktu lalu. Kita sepakat, harus ada kerja sama antarkepolisian yang lebih erat antara Indonesia dengan negara-negara tetangga. Kita juga menganggap penting hubungan baik dengan negara-negara di Pasifik,"  kata Tito di Hotel Sheraton, Jalan I.R. H. Djuanda, Bandung, Jawa Barat.

Negara yang ikut dalam kegiatan ini memiliki kedekatan hubungan dan teritorial dengan Indonesia. Acara fokus tentang 'Regional Security Strategy (RSS) Working Group Meeting'.

"‎Sekarang dunia semakin terbuka karena adanya internet. Banyak sekali problem yang berhubungan dengan kejahatan internet, penyeludupan senjata api lintas batas, narkotika, teroris, dan radikalisme. Ini berkembang di seluruh negara. Maka kami rasa perlu menjalin hubungan lebih erat dengan negara-negara tetangga, termasuk negara Pasifik," jelasnya.

Tito juga mengajak negara anggota Melanesian untuk memanfaatkan fasilitas pendidikan, seperti JCLEC di Semarang. JCLEC adalah tempat kursus tingkat internasional yang membahas kejahatan, seperti terorisme.

"Kami juga bekerja sama dalam hal capacity building, belajar dari negara tetangga dan permasalahn yang ada di Pasific Island," pungkas Tito.


(NIN)