Daftar Tunggu Haji di Kota Bandung 17 Tahun

Media Indonesia    •    Selasa, 29 Nov 2016 16:11 WIB
haji
Daftar Tunggu Haji di Kota Bandung 17 Tahun
Ilustrasi. Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Bandung: Warga Kota Bandung, Jawa Barat, yang ingin menunaikan ibadah haji harus lebih bersabar. Pasalnya, daftar tunggu haji di ibu kota Jawa Barat ini sudah cukup banyak, yakni hingga 17 tahun.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Bandung Yusuf Umar, mengatakan warga yang mendaftar haji saat ini akan mendapat giliran berangkat pada 17 tahun ke depan. Lamanya daftar tunggu ini karena jumlah pendaftar haji terus bertambah setiap harinya.

Hingga kini, pendaftar haji Kota Bandung mencapai 25 ribu orang. Dalam setahun, jumlah yang mendaftar mencapai 3.000 orang. Adapun kuota per tahunnya hanya 1.700 orang. Lamanya daftar tunggu ini, kata dia, bisa terus bertambah karena pendaftaran tak dibatasi.

Sejak 10 tahun lalu, jumlah pendaftar lebih besar dari kuota. Untuk itu, Kemenag Kota Bandung meminta tambahan kuota kepada pemerintah pusat. Terlebih, kata dia, saat ini sudah diberikan penambahan kuota haji untuk Indonesia.

"Kalau ditambah, maka daftar tunggu Kota Bandung bisa 15 tahun. Jadi, kalau ada kenaikan kuota dari pusat, baru daerah juga akan naik," katanya di Bandung, Senin petang(28/11/2016).

Selain itu, pihaknya pun memprioritaskan calon haji berusia lanjut. Warga lansia yang mendaftar haji saat ini sudah bisa berangkat dua tahun kemudian. "Di atas 75 tahun, insya Alloh sudah bisa berangkat. Nanti keluaganya boleh jadi pendamping," kata dia.?

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengimbau calon pendaftar haji Kota Bandung agar segera mendaftar. Menurutnya, antrean keberangkatan jamaah sudah semakin panjang.

"Kepada warga Bandung cepat-cepatlah mendaftar. Jadi, kita motivasi warga Bandung sudah menyiapkan berhaji minimal 17 tahun sebelum takdir itu hadir," kata Ridwan.

Di Jawa Barat, angka pendaftar haji mencapai 466.234 orang dengan lama antrean minimal 15 tahun. (Bayu Anggoro)



(UWA)