Pesantren Diminta Ikut Menjaga Situasi Aman Jelang Pilkada

Ahmad Rofahan    •    Senin, 18 Sep 2017 14:29 WIB
pilkada serentak
Pesantren Diminta Ikut Menjaga Situasi Aman Jelang Pilkada
Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto dan Pengasuh Pondok Buntet Pesantren K.H. Adib Rofiuddin -- MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto mengunjungi Pondok Buntet Pesantren Cirebon. Selain untuk memperkenalkan diri sebagai Kapolda Jabar yang baru, Agung juga ingin mempererat hubungan antara umaro dan ulama.

"Saya akan silaturrahmi ke semuanya, terutama ulama dan umaro harus bersatu untuk mejaga NKRI," kata Agung di Cirebon, Jawa Barat, Senin 18 September 2017.

Dalam kunjungannya, Agung meminta para kiai ikut menjaga kondusifitas menjelang Pilkada Jabar 2018. Sebab, para kiai memiliki peran penting di masyarakat.

"Kalau kiai mungkin lebih didengar, dibandingkan polisi yang ngomong," lanjut Agung.

Menurut Agung, perbedaan pilihan diperkirakan menjadi salah satu penyebab munculnya konflik di masyarakat. Apalagi, belakangan banyak hoax atau berita bohong beredar.

"Saya minta masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan berita yang tidak jelas informasinya," ” kata Agung.

Pengasuh Pondok Buntet Pesantren K.H. Adib Rofiuddin menyambut baik kedatangan Kapolda Jabar yang baru ini. Ia menegaskann, pondok pesantren siap ikut menjaga kondusifitas saat Pilkada Jabar 2018.

Adib juga meminta kepada masyarakat untuk tidak terbawa arus terhadap hal-hal yang negatif dan bisa merusakan keutuhan NKRI. "Para kiai itu siap jadi pemadam. Namun, lebih baik jika padam sendiri atau tidak ada kebakaran," pungkasnya.


(NIN)