Pekerja Asing di Sumedang Diduga Lecehkan Bendera Merah Putih

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 12 Sep 2017 18:18 WIB
bendera
Pekerja Asing di Sumedang Diduga Lecehkan Bendera Merah Putih
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bandung: Pekerja asing proyek terowongan Tol Cisumdawu diduga melakukan pelecehan terhadap bendera merah putih dengan membuangnya ke tanah. Sebagai hukuman, pekerja asing tersebut kemudian diminta hormat ke bendera merah putih.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan petugas imigrasi terkait insiden tersebut. "Kami minta yang bersangkutan segera dideportasi," kata dia di kantornya, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Selasa 12 September 2017.

Terkait motif pelaku membuang bendera, Yusri menegaskan tidak ada. "Cuma karena ada tiang bendera di depan pintu perusahaan, sementara ada kendaraan alat berat akan masuk. Mereka kemudian mencabut bendera tersebut," tandasnya.

Namun, lanjut Yusri, pelaku sudah meminta maaf secara resmi. "Sudah meminta maaf ke beberapa media. Ini juga karena ada desakan dari warga sekitar dan organisasi kemasyarakatan di Sumedang," tandasnya.

Perlu diketahui, kejadian bermula karena ada dua bendera di gerbang proyek terowongan yang sedikit menghalangi. Seorang pekerja asing kemudian melepaskan bendera merah putih dari besi yang menjadi tiangnya dan melemparkannya ke tanah pada 10 September 2017.

Kemudian, pekerja tersebut kembali melepaskan bendera kedua dan kembali melemparkannya ke tanah. Satpam yang melihat keajadian tersebut menegur sang pekerja dan memintanya meminta maaf sekaligus memberi sanksi berupa hormat pada bendera merah putih.


(NIN)