Khataman Alquran di Lapas Bertujuan Meningkatkan Kerohanian Warga Binaan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 20 Apr 2017 15:29 WIB
kemenkumham
Khataman Alquran di Lapas Bertujuan Meningkatkan Kerohanian Warga Binaan
Warga binaan Rutan Kelas 1 Kebon Waru mengikuti khataman Alquran -- MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 5.000 warga binaan di Jawa Barat mengikuti khataman Alquran yang dilaksanakan serentak di seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia. Selain memperingati Hari Pemasyarakatan ke-53, kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kerohanian warga binaan.

"Ini juga agar warga binaan bisa lancar membaca Alquran. Tadi ada juga beberapa yang menangis. Mungkin mereka terharu bisa mengkhatamkan Alquran," kata Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati di Rutan Kelas 1 Kebon Waru, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 20 April 2017.

Susy menjelaskan, warga binaan yang bisa mengkhatamkan Alquran akan memperoleh penilaian khusus. Penilaian tersebut nantinya berpengaruh pada pemberian remisi.

"Karena berkelakuan baik dengan menjalankan ibadah, tentunya ada penilaian tersendiri untuk remisi mereka. Kecuali untuk tahanan yang menjalani PP 99, ini (remisi) belum bisa diberikan," bebernya.

Khataman Alqurn, lanjut Susy, juga untuk meningkatkan kapasitas kinerja pegawai lapas. "Bagi para petugas lapas, ini (khataman Alquran) perlu untuk meningkatkan kemampuan. Para pegawai kini telah diarahkan ke lapas industri," pungkasnya.


(NIN)