Salju 'Turun' di Jalan Dipatiukur Bandung

Roni Kurniawan    •    Rabu, 19 Apr 2017 19:18 WIB
cuaca ekstrem
Salju 'Turun' di Jalan Dipatiukur Bandung
Hamparan es yang menyerupai salju di Jalan Dipatiukur Bandung, istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Hujan deras disertai guyuran es melanda sebagian besar wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 19 April 2017 siang. Bahkan tumpukan es terjadi di kawasan Sadang Serang dan Dipatiukur Kota Bandung.

Menurut Wulan, 40, salah seorang warga di Jalan Sadang Sari, Sandang Serang mengaku ketika turun hujan sangat terdengar suara keras menghantam di atas genting. Ia pun bergegas keluar rumah untuk melihat hal tersebut.

"Awalnya denger suara hujan, terus tuk tuk tuk di atas genting. Saya cek keluar, eh ternyata hujan es," kata Wulan saat ditemui awak media, Rabu 19 April 2017 petang.

Ia mengatakan ukuran es yang turun dari langit tersebut sebesar kelereng besar yang biasa digunakan bermain anak-anak. Bahkan hujan es sebesar kelereng tersebut membuat kaca jendela rumahnya retak.

"Ngeri juga tadi pas hujan es. Karena baru kali ini hujan es-nya banyak dan gede-gede. Sampai-sampai kaca jendela retak," imbuh dia.

Hal senada pun diungkapkan Lala, 37, warga di kawasan Jalan Dipatiukur. Bahkan di dekat rumahnya terdapat es seperti salju menutupi ruas jalan.

"Banyak tadi es-nya mirip salju gitu. Baru pertama kaya ginu," kata Lala.

Sementara itu, menurut Prakirawan BMKG Bandung Neneng Sugianto ukuran es yang jatuh saat hujan lebat bervariasi dari butiran kecil hingga sebesar kelereng.

Ia mrngatakan, hujan es ini terjadi akibat proses kondensasi yang kelewat dingin sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi kristal es.

"Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin hingga mencapai freezing level. Dengan suhu minus 44 derajat Celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es," pungkas Neneng saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon.



(RRN)