Tumpukan Sampah di Cibangkong Mencapai 3 Meter

Roni Kurniawan    •    Kamis, 06 Jul 2017 12:19 WIB
sampah
Tumpukan Sampah di Cibangkong Mencapai 3 Meter
Tumpukan sampah di Kelurahan Cibangkong, Batununggal, Bandung, Jawa Barat -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan Pasukan Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober) dan warga masih berjibaku membersihkan tumpukan sampah di Kelurahan Cibangkong, Batununggal, Bandung, Jawa Barat. Lautan sampah yang menumpuk sejak 10 tahun terakhir itu tidak mudah dibersihkan, karena tumpukan mencapai ketinggian 3 meter.

Camat Batununggal Enjang Mulyana memperdiksi, sampah yang diangkut pada hari ini bisa mencapai 30 truk. Itu pun hasil pembersihan dengan cara manual, karena alat berat sulit masuk ke area tersebut.

"Dengan cara manual, kita lakukan estafet," kata Enjang di lokasi, Kamis 6 Juli 2017.

(Baca: Dulu Lapangan Bola, Kini Lautan Sampah)

Enjang mengatakan, tumpukan sampah tersebut sangat padat sehingga sangat kesulitan untuk digali dengan cara manual. Bahkan, ia yakin, tumpukan sampah tersebut tidak akan bersih dalam satu hari.

"Kalau pakai alat berat, bisa satu hari beres. Tapi, kalau manual seperti ini sulit juga. Bagaimanapun, kita usahakan untuk meminta bantuan pakai alat berat," tutur dia.

(Baca: Pasukan Gober `Eksekusi` Lautan Sampah di Cibangkong)

Rencananya, jembatan darurat dibangun menyeberangi sungai agar alat berat bisa masuk ke kawasan lautan sampah tersebut. Namun, Enjang belum bisa memastikan hal itu karena saat ini masih berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung.

"Kita akan evaluasi dulu progres ini, nanti baru kita tentukan langkah selanjutnya untuk meminta bantuan ke TNI serta alat berat agar bisa mengeruk tumpukan sampah ini," tandasnya.


(NIN)