13 ABK yang Hilang di Perairan Indramayu Ditemukan Selamat

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 05 Aug 2018 15:35 WIB
kapal tenggelam
13 ABK yang Hilang di Perairan Indramayu Ditemukan Selamat
Sumber foto Kepala Kantor SAR Bandung, Jawa Barat.

Indramayu: Sebanyak 13 Anak Buah Kapal (ABK) asal Indramayu, Jawa Barat yang sebelumnya dilaporkan hilang sudah ditemukan dengan selamat. Mereka berhasil diselamatkan oleh Kapal Tanker Minyak Bahari Maju II yang saat itu melintas di lokasi kejadian.

"Alhamdulillah, 13 orang ABK sudah dievakuasi dalam keadaan selamat," Kepala kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah saat dihubungi Medcom.id, Minggu, 5 Agustus 2018.

13 Nelayan asal Karangsong Indramayu itu hilang di Perairan Laut Jawa Indramayu, Jawa Barat, saat Kapal Motor Bunga Hati II yang mereka gunakan terbalik.

Deden menjelaskan, 13 nelayan tersebut saat ini sedang menuju Pelabuhan Sampit Kalimantan.

Menurut Deden, saat peristiwa tenggelamnya kapal, saat bersamaan sedang melintas Kapal MT Bahari Maju II yang hendak menuju Pelabuhan Sampit Kalimantan Tengah.

Deden juga menjelaskan, pada hari ini, informasi yang ia terima menyebutkan bahwa para ABK sudah melakukan serah terima para ABK dari Kapal Bunga Hati II di Pelabuhan Begendang Kalteng. 

"Informasi hari ini, ABK sudah diserahkan ke Pos SAR Sampit bersama syahbandar Pelabuhan Sampit," jelas Deden.

Selanjutnya para ABK akan kembali didata dan dilakukan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan pelabuhan. Mengenai kapan para ABK akan kembali ke Indramayu, Deden mengaku tidak mengetahuinya secara pasti.

"Kalau kembali ke Indramayunya kapan, itu masih dikoordinasikan dengan pemilik kapal dan Pemkab Indramayu," pungkas Deden.

Sebelumnya, Kapal Nelayan Bunga Hati II dari Karangsong Indramayu, dilaporkan hilang kontak pada Jumat, 3 Agustus 2018. Para ABK sempat memberikan informasi kepada sejumlah kapal terdekat, bahwa kapalnya akan tenggelam. 
Namun setelah sejumlah kapal nelayan lain mendekat, hanya menjumpai bangkai kapal, tidak menemukan para ABK. Dari informasi para nelayan itulah, diinformasikan bahwa ada kapal tangker yang melintas dekat dengan lokasi kejadian.


(DEN)