Bendera 109 Negara Dikibarkan Peringati KAA Ke-63

Roni Kurniawan    •    Rabu, 18 Apr 2018 11:08 WIB
konferensi asia afrika
Bendera 109 Negara Dikibarkan Peringati KAA Ke-63
Bendera 109 negara di Asia dan Afrika dikibarkan di halaman Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 18 April 2018. Foto: Medcom.id/Roni Kurniawa

Bandung: Bendera 109 negara di Asia dan Afrika dikibarkan di halaman Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 18 April 2018. Pengibaran bendera guna memperingati Konferensi Asia Afrika (KAA) yang ke-63.

Pengibaran 109 bendera dilakukan oleh 400 pasukan pengibar bendera (paskibra) dari Kota Bandung. Bendera Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pun turut dikibarkan di antara bendera-bendera negara Asia Afrika.

Menurut Kepala Museum Konferensi Asia Afrika Meinarti Fauzie, pengibaran bendera tersebut merupakan pembukaan peringatan KAA. Pihak Museum KAA bersama Pemerintah Kota Bandung akan melakukan sejumlah kegiatan guna memperingati KAA ke-63.

"Ini merupakan pembuka perayaan Konferensi Asia Afrika. Karena kita ke depan ada berbagai kegiatan, tapi beberapa kegiatan sudah kita lakukan sebelumnya," kata Meinarti di Museum KAA, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu, 18 April 2018.

Pengibaran 109 bendera negara-negara Asia Afrika dan satu bendera PBB merupakan kegiatan rutin. Kota Bandung merupakan tempat KAA pertama digelar pada 1955.

"Tahun ini kita mengusung tema 'Beyond the Bandung Spirit'. Karena Bandung ini sebagai Ibu Kota Asia Afrika, semua terlahir di sini termasuk Dasasila Bandung," sambungnya.

Pengibaran bendera diikuti sekitar 200 pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Para pelajar mengenakan pakaian adat daerah. Beberapa delegasi negara Asia dan Afrika turut hadir dalam acara pengibaran bendera.

Acara pengibaran diawali dengan napak tilas dari Hotel Savoy Homann menuju depan Gedung Merdeka berjarak sekitar 200 meter.

"Semoga dengan adanya peringatan ini, semangat Konferensi Asia Afrika kembali hadir dan mempererat tali persaudaraan," pungkasnya.


(SUR)