Ridwan Kamil Dorong Pemerintah Pusat Kembalikan Mata Pelajaran PMP

Roni Kurniawan    •    Kamis, 01 Jun 2017 13:20 WIB
pancasila
Ridwan Kamil Dorong Pemerintah Pusat Kembalikan Mata Pelajaran PMP
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendorong pemerintah pusat menghadirkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Hal ini berguna untuk memperkokoh kembali pemahaman Pancasila di kalangan pelajar.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pemahaman tentang Pancasila di level pelajar saat ini masih sangat kurang. Sehingga, berdampak pada kehidupan sehari-hari pelajar yang kerap bolos sekolah serta tawuran antarsekolah.

"Di level anak-anak dan remaja terjadi kekosongan pemahaman tentang Pancasila, karena komponen pemahamannya sangat sedikit," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Jawa Barat, Kamis 1 Juni 2017.

Dengan adanya pelajaran PMP, lanjut Emil, mulai dari sekolah tingkat dasar (SD), menengah (SMP) dan atas (SMA), bisa memahami dan mengamalkan tentang Pancasila. "Saya berharap pemerintah pusat mengembalikan lagi pelajaran PMP dengan cara-cara yang kekinian," harapnya.

Mata pelajaran PMP dihapus pada 2004 dan digantikan dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Emil yakin, jika pelajaran PMP dikembalikan akan mampu menanamkan pemahamam Pancasila pada masyarakat sejak kecil sebagai landasan atau pondasi untuk memperkuatan negara.

"Jangan pernah melupakan bahwa dasar negara Pancasila sudah final. Landasan hidup juga sama, jangan pernah ada lagi hal-hal atau ideologi-ideologi baru yang ingin menggantikan Pancasila," tandasnya.


(NIN)