Lurah di Bandung Wajib Kerahkan 100 Orang Berpakaian Adat

Roni Kurniawan    •    Kamis, 24 Aug 2017 13:04 WIB
karnaval khatulistiwa
Lurah di Bandung Wajib Kerahkan 100 Orang Berpakaian Adat
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Ajang karnaval kemerdekaan tahun ini mengambil lokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Helatan tahunan yang akan berlangsung pada Sabtu, 26 Agustus 2017 itu, mengambil tema Pesona Parahyangan. 

Wali Kota Ridwan Kamil pun menargetkan jumlah penonton di ajang tahunan nasional itu mencapai 50 ribu orang. Makanya, dia mengerahkan aparatur kewilayahan untuk menyertakan warga menyaksikan Karnaval Kemerdekaan nanti.

Pemilik sapaan Emil itu menganjurkan tiap kelurahan menghadirkan minimal 100 orang untuk berjajar di ruas jalan yang dilalui karnaval.

"Setiap lurah minimal bawa 100 orang, pakai pakaian adat. Di Kota Bandung kan ada 151 kelurahan, jadi kalau minimal per lurah bawa 100 orang, itu sudah ada 15 ribu lebih," kata Emil di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Kamis, 24 Agustus 2017.

Emil mengatakan, pemilihan Kota Bandung sebagai tuan rumah cukup membanggakan. Pasalnya, Kota Bandung mewakili Pulau Jawa dalam ajang tahunan yang sebelumnya dihelat di Danau Toba dan Pontianak.

"Tidak hanya Pemkot Bandung saja, tapi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga makanya Pesona Parahyangan," beber Emil.

Karnaval yang memasuki tahun ketiga di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini pun diharapkan Emil bisa dinikmati oleh warga. Terlebih Jokowi pun akan turut serta menjadi peserta karnaval, ikut iring-iringan.

"Pak Presiden akan ikut mulai dari Gedung Sate sampai Taman Vanda, karena di sana ada panggung. Dan diteruskan ke Alun-alun Bandung," urai Emil.

Untuk menyukseskan acara, sejak kemarin pemkot membuka pendaftaran relawan. Hingga kini, Emil mengklaim, lebih dari 1.000 orang telah mendaftar. 

"Tapi akan kita batasi (jumlah relawan) karena pengamanannya ada dari Paspampres. Jadi nanti kita sesuaikan jumlah relawan, kita koordinasi dengan aparat keamanan," katanya.

Selain itu, kontingen dari beberapa provinsi telah tiba di Kota Bandung. Informasi sementara akan ada 40 kontingen dari berbagai provinsi yang turut menyemarakkan Karnaval Kemerdekaan dengan berbagai pakaian adat. "Jadi dipastikan akan sangat ramai dan meriah," tandas Emil.


(SAN)