TB Hasanuddin: Pemimpin Jabar Harus Rangkul Lintas Agama

Deny Irwanto    •    Jumat, 22 Jun 2018 21:55 WIB
pilkada jabar
TB Hasanuddin: Pemimpin Jabar Harus Rangkul Lintas Agama
Suasana debat publik ketiga Pilgub Jabar di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 22 Juni 2018. Foto: Medcom.id/ Roni Kurniawan.

Bandung: TB Hasanuddin menyebut jika Jawa Barat merupakan Provinsi yang mempunyai warga yang plural. Masyarakat Jawa Barat juga disebut menganut berbagai macam agama yang diakui di Indonesia. 

"Pancasila mewajibkan seluruh rakyat Indonesia beragama dan agama dilindungi oleh negara," kata Hasanuddin saat debat publik ketiga Pilgub Jabar di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Jumat, 22 Juni 2018.

Hasanuddin menjelaskan, untuk menjadi pemimpin Jawa Barat, sosok yang dibutuhkan harus bisa merangkul seluruh lapisan masyarakat dengan lintas agama. Menurut Hasanuddin, pemimpin Jawa Barat tidak boleh condong pada salah satu kepercayaan yang dianut masyarakat.

"Dia harus mampu melakukan silaturahmi di antara umat beragama. Untuk itu pemimpin harus benar-benar mempunyai kapasitas bahwa dia menjunjung tinggi pluralisme, menjaga umat untuk beragama. Menegakkan agama ya, tetapi satu sama lain harus hidup berdampingan dengan damai,' pungkas Hasanuddin.


(DEN)