Kuota CPNS Tangsel Lebih Sedikit Ketimbang Pegawai Pensiun

Ahmad Rofahan, Farhan Dwitama    •    Rabu, 12 Sep 2018 11:57 WIB
seleksi cpns
Kuota CPNS Tangsel Lebih Sedikit Ketimbang Pegawai Pensiun
Ilustrasi CPNS, MI - Ramdani

Tangerang Selatan: Pemerintah pusat memberikan kuota 115 untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Tangerang Selatan, Banten. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Tangsel, Apendi, mengatakan jumlah itu lebih sedikit ketimbang PNS yang pensiun pada 2108

Apendi mengatakan Pemkot Tangsel mengajukan kuota 500. Usulan itu untuk mengakomodasi jumlah PNS yang pensiun dalam beberapa tahun terakhir. Sementara lowongan CPNS terakhir kali digelar empat tahun lalu.

"Sementara jumlah PNS yang pensiun sebanyak 139 orang. Jadi kuota CPNS tak bisa menutupi jumlah PNS yang pensiun," terang Apandi.

Apandi mengatakan masih berupaya berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Agar, jumlah CPNS di lingkup Tangsel bisa ditambah.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mendapat jatah yang lebih besar ketimbang Tangsel yaitu 502 formasi. Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengatakan lowongan untuk tenaga pendidik mendominasi kuota.

"Dari jumlah 500 jatah CPNS, 300 untuk pengajar dan sisanya untuk umum," kata Sunjaya beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, ujar Sunjaya, Pemkab membutuhkan lebih banyak PNS, terutama pendidikan. 
"Masih kurang banyak. Karena bebannya juga sangat banyak," kata Sunjaya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya sempat mengusulkan kepada pemerintah pusat, untuk bisa mengalokasikan sebanyak 4000 PNS untuk di Kabupaten Cirebon. Namun, pada tahun 2018 ini, hanya dialokasikan sebanyak 502 saja.

"Itupun saya bersyukur, karena Kabupaten Cirebon mendapatkan alokasi CPNS," katanya


(RRN)