PNS Tak Disiplin Ditawarkan Pensiun Dini

Hendrik Simorangkir    •    Senin, 07 Jan 2019 13:07 WIB
pns
PNS Tak Disiplin Ditawarkan Pensiun Dini
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat memimpin apel di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Medcom.id - Hendrik S

Tangerang: Wali Kota Tangerang Arief R Hermansyah menilai kedisipinan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kerja pemkot rendah. Ia menawarkan program pensiun dini pada PNS yang tak disiplin.

Arief kesal setelah menggelar inspeksi mendadak (sidak) kedisiplinan dan kesiapan pengawai pada akhir Desember 2018. Dua organisasi perangkat daerah (OPD) di Tangerang, Banten, mendapat rapor merah terkait kedisiplinan pegawai, yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kantor Kecamatan Benda.

"Kalau memang kinerjanya buruk tawarkan saja mereka mau pensiun dini, atau mereka yang tenaga harian lepas (THL) mau berhenti," ujar Arief usai apel pagi di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin, 7 Januari 2019.

Arief mengatakan pemerintah telah berusaha menyejahterakan PNS. Mulai dari gaji hingga pemberian tunjangan.

"Jadi jangan sampai kesejahteraan diberikan, tapi tidak diikuti dengan tanggung jawab," ungkap Arief.

Arief mencontohkan peristiwa tsunami yang terjadi di Selat Sunda. Ia mengaku tak bisa menghubungi pejabat yang bertanggung jawab dalam penanganan bencana. 

Lalu di akhir 2018, Arief mendatangi Kantor Kecamatan Benda. Setiba di lokasi, Arief menemukan halaman kantor kotor dengan sampah.

Ia mendapat informasi petugas yang menangani kebersihan tak berada di lokasi. Alasannya, petugas tengah berbelanja ikan untuk persiapan perayaan malam pergantian tahun.

Padahal, lanjutnya Arief, ia meminta PNS memperbanyak ibadah di malam tahun baru. Itu sebagai bentuk keprihatinan pada warga di pesisir Banten yang terdampak bencana tsunami.

Menindak lanjuti masalah tersebut, Arief meminta badan kepegawaian untuk mengevaluasi kinerja PNS dan THL yang ada dilingkungan Pemkot Tangerang. Sebab, Arief menambahkan, Pemkot Tangerang telah menaikkan kesejahteraan PNS dan THL pada 2018.

"Makanya sekarang konsentrasinya teman-teman bukan hanya kesejahteraan, karena udah pasti naik, kinerjanya juga harus lebih naik. Kesejahteraan ini kan diberikan oleh mayarakat Kota Tangerang. Jadi berikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Tangerang," katanya. 



(RRN)