Tiga Warga Tertimbun Longsor di Cijeruk Ditemukan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 06 Feb 2018 13:12 WIB
longsorbencana longsor
Tiga Warga Tertimbun Longsor di Cijeruk Ditemukan
Evakuasi korban longsor di dekat rel KRD Bogor-Sukabumi sepanjang 40 meter yang menggantung akibat pondasi longsor di Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA/Arif Firmansyah

Bandung: Tim gabungan SAR, TNI, Polri dan lapisan masyarakat berupaya mengevakuasi korban longsoran di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Cijeruk Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tim berhasil mengevakuasi tiga korban pada Selasa, 6 Februari 2018.

"Baru Tiga korban yang berhasil dievakuasi, sisanya dua orang lagi. Dari Tim SAR sendiri, yang turun ada 30 orang ditambah personel TNI, Polri dan bala bantuan dari Khatulistiwa, PMI dll," ungkap Koordinator Pos SAR Sukabumi Aulia Sholihanto saat dihubungi Medcom.id.

Kondisi hujan deras menjadi kendala petugas dalam mengevakuasi korban. Saat dihubungi, dia mengaku evakuasi terpaksa dihentikan karena hujan dapat membahayakan tim pencari.

"Kita tunggu sampai reda baru proses evakuasi lagi. Kondisi ini sedikit bahaya juga karena khawatir longsor lagi," bebernya.

Longsor yang terjadi pada Rabu, 5 Februari 2018, menimpa tiga rumah penduduk dan menimbun sejumlah warga. Namun ketika evakuasi tersebut terhenti, jalur kereta yang berada di tebing lokasi kejadian melintas sehingga longsoran kembali turun dan semakin menimbun para korban.

"Hingga saat ini, kita masih memaksimalkan pencarian korban lainnya," jelasnya.

Menurut informasi yang dihimpun, hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Senin, 5 Februari pagi. Curah hujan yang tinggi menyebabkan longsor di jalur kereta wilayah Maseng, Cijeruk, Kabupaten Bogor. Longsor sepanjang 40 meter itu menyebabkan jalur kereta jurusan Sukabumi-Bogor tidak bisa dilintasi.

Selain itu, longsor juga menimbun tiga rumah yang berada di bawah rel dan lima warga yang masih dalam tahap pencarian petugas gabungan.


(SUR)