Dedi Mulyadi Kandidat Kuat Diusung PDIP

Roni Kurniawan    •    Rabu, 18 Oct 2017 12:50 WIB
pilgub jabar 2018
Dedi Mulyadi Kandidat Kuat Diusung PDIP
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: PDIP menjadi daya tarik bagi bakal calon Gubernur Jabar untuk maju ke Pilkada 2018. Pasalnya PDIP menjadi satu-satunya partai yang bisa mengusung calon sendiri pada Pilgub Jabar 2018 dengan raihan 20 kursi di legislatif.

Beberapa kandidat mulai dilirik ke partai berlambang banteng moncong putih itu di antaranya Anton Charliyan (mantan Kapolda Jabar), Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan RI), Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta) dan Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jabar).

Menurut pengamat politik dari Universitas Pajajaran (Unpad), Firman Manan, dari keempat nama tersebut Dedi Mulyadi yang disinyalir paling kuat untuk diusung PDIP maju ke Pilgub Jabar. Pasalnya selain berstatus sebagai pejabat daerah, Dedi Mulyadi pun mempunyai massa karena kini sebagai Ketua DPD I Golkar Jabar.

"Kalau sampai saat ini memang yang muncul Demul (Dedi Mulyadi). Bahkan sudah berinisiatif membangun koalisi (Golkar dan PDIP). Nah itu tentu menjadi kandidat serius," kata Firman saat dihubungi awak media, Rabu 18 Oktober 2017.

Baca: Menteri Susi Hanya Tersenyum Ditawari Cawagub Jabar oleh PDIP

Firman mengatakan, PDIP yang kini berupaya untuk memenangkan Pilgub Jabar dinilai cocok untuk mengusung Dedi Mulyadi dalam konteks diluar kader PDIP. Sebab PDIP, lanjutnya, tak ingin mengulang kegagalan pada Pilkada DKI Jakarta dan sebagai upaya untuk menuju Pilpres dan Pileg 2019 nanti.

"Sehingga kita bicara selain kader kemudian siapa yang kedekatan ideologi mungkin partai yang sama-sama nasionalis nama Demul di situ," tutur dia.

Sementara untuk nama lain, Firman mengaku cukup sulit baik PDIP untuk memilih. Terlebih secara elektabilitas dan popularitas Dedi Mulyadi lebih unggul karena sering melakukan blusukan dan safari politik ke setiap wilayah di Jabar termasuk Kota Bandung.

"Selanjutnya orang seperti Demiz (Deddy Mizwar) masuk radar punya daya tarik, tapi kesamaan ideologi enggak nyambung," urainya.

Baca: Anton Charliyan Ancang-ancang ke Pilgub Jabar

Disamping itu, PDIP pun telah memiliki empat nama hasil dari proses penjaringan yakni yakni Iwa Kartiwa (Sekja Jabar), Abdy Yuhana (Sekertaris DPD PDIP Jaba), Puti Guntur Soekarno (anggota DPR RI) dan Sutrisno (Bupati Majalengka). 

Namun nama-nama dalam proses penjaringan kemungkinan tidak akan diusung untuk maju jika elektabilitas dan popularitasnya tidak bisa menyaingi Dedi Mulyadi.

"Masalahnya Pilgub pertaruhan figur jadi momentum nanti tidak lepas upaya mrncari figur yang punya potensi menang," ujarnya.




(ALB)