Jelang Tahun Baru 2018

Ribuan Warga Bandung Muhasabah Akhir Tahun

Roni Kurniawan    •    Minggu, 31 Dec 2017 19:26 WIB
natal dan tahun baru
Ribuan Warga Bandung Muhasabah Akhir Tahun
Suasana di Mesjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Minggu 31 Desember 2017 menyambut malam pergantian tahun baru 2018. Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Berbagai cara warga Bandung lakukan untuk menyambut Tahun Baru 2018. Salah satunya lewat muhasabah atau takbir akbar di Mesjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Minggu, 31 Desember 2017.

Ribuan warga mengikuti acara muhasabah pergantian tahun yang digelar pemerintah Kota Bandung ini. Dalam acara tersebut, seluruh petinggi Kota Bandung mulai dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Sekertaris Kota Bandung Yossi Irianto hingga kepala dinas dan lembaga ikut hadir.

Mesjid yang berdekatan dengan pusat Pemkot Bandung itu telah dipadati oleh ribuah jemaah dari berbagai pelosok Kota Bandung. Bahkan jemaah yang tidak mendapatkan tempat di dalam mesjid harus rela menduduki halaman mesjid dengan menggelar tikar dan sajadah.

"Enggak kebagian di dalam udah penuh, soalnya datangnya tadi pas udah maghrib. Jadi diluar saja, untung bawa samak (tikar) jadi diluar saja," kata Risma, salah seorang jemaah asal Cicadas.

Risma mangku, memilih mengikuti kegiatan di mesjid tersebut untuk menyambut tahun baru dibandingkan ke tempat lain. Terlebih seluruh penjuru ruas jalan di Kota Bandung, lanjut Risma, akan dipenuhi kemacetan pada malam pergantian tahun.

"Ya mendingan doa bersama disini dari pada muter-muter, macet. Dari pada ke tempat hiburan juga menghabiskan uang. Mendingan diisi hal yang positif," tegas wanita berkerudung merah muda ini.

Hal senada pun diungkapkan Yusuf, pemuda asal Cibeureum. Dia rela melintasi jalur macet untuk tiba di mesjid tersebut. Ia pun ingin mengisi malam pergantian tahun baru dengan mendengarkan ceramah dan doa bersama.

"Lebih bermanfaat ini, berdoa untuk kebaikan di tahun 2018 nanti. Mudah-mudahan diberi berkah. Daripada harus muter-muter enggak jelas," pungkas Yusuf di tempat yang sama.

Sementara itu, acara muhasabah masih berlangsung di mesjid tersebit diisi tausiah dari ustad muda kondang di Bandung yakni Evie Efendi, salah satu pemuda hijrah.

 


(SUR)