ITB dan MRT Bekerja Sama Kembangkan Teknologi Perkeretaapian

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 15 Nov 2017 18:20 WIB
transportasi
ITB dan MRT Bekerja Sama Kembangkan Teknologi Perkeretaapian
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Aula Barat Gedung ITB Bandung, Rabu 15 November 2017, MTVN - Octavianus

Bandung: Teknologi perkeretaapian menjadi salah satu kerja sama antara PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kerja sama itu merupakan bagian dari pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM)  kedua pihak.

Rabu, 15 November 2017, PT MRT dan ITB menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama itu. Kedua pihak akan meneliti, saling menukar data, dan memberikan pendidikan serta pelatihan untuk pengembangan SDM.

"Kerja sama ini menerapkan prinsip kolaborasi antara kampus, industri, dengan pemerintah. ITB juga mengembangkan teknologi perkeretaapian melalui National Center for Suistanable Transportasi Technology. Sinergi ini akan berdampak positif pada perkembangan MRT dan transportasi publik," kata Direktur Utama PT MRT William Sabandar di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Jabar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut menyaksikan kegiatan penandatanganan nota kesepaaman. Indonesia, ujar Budi, membutuhkan transportasi massal. 

Kementerian Perhubungan berkonsentrasi pada dua proyek besar transportasi udara dan laut. Pertama yaitu Pelabuhan Patimbang di Subang dan Bandara Kertajati di Majalengka. 

"Patimban akan menyelesaikan konsentrasi logistik di Jakarta yang akan kita alihkan ke Pelabuhan ini. Untuk Bandara Kertajati, kita buat agar konsentrasi bandara tidak hanya ada di Jakarta saja," tandasnya.

Selain Menhub, penandatangan nota kesepahaman juga disaksikan Rektor ITB Kadarsyah Suryadi.


(RRN)