Tarif Tol Cipali Naik 6,4 Persen

Ahmad Rofahan    •    Senin, 30 Oct 2017 16:04 WIB
tarif toltol
Tarif Tol Cipali Naik 6,4 Persen
Ilustrasi. Gerbang tol Palimanan. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Cirebon: Tarif Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) secara resmi naik sebesar 6,4 persen. Kenaikan tersebut mulai diberlakukan pada pukul 00.00 Senin 30 Oktober 2017.

General Manager Operasional Cipali, Suyitno mengatakan, kenaikan tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam PP No/2005 disebutkan bahwa, tarif jalan tol dapat dinaikkan setiap dua tahun sekali,” kata Suyitno saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin 30 Oktober 2017.
 
Menurut Suyitno, selain bertujuan untuk pengembalian investasi, kenaikan itu juga dikarenakan adanya inflasi yang terjadi di Jawa Barat, terutama di wilayah Cirebon dan Bandung. Karena menurutnya, dua wilayah tersebut yang dijadikan patokan oleh PT Lintas Media Sedaya (LMS) dalam menaikan tarif.
 
Suyitno menggambarkan, untuk tarif kendaraan golongan satu dari Cikopo menuju Palimanan, jika sebelumnya ditetapkan dengan tarif Rp96 ribu, saat ini naik menjadi Rp102 ribu. 

Sementara Tarif kendaraan golongan II dari Rp144 ribu menjadi Rp153 ribu, golongan III juga akan naik dari Rp192 ribu menjadi Rp204 ribu. Sedangkan golongan IV akan mengalami kenaikan tarif dari Rp240 ribu menjadi Rp255 ribu dan golongan V dari Rp288.500 menjadi Rp306 ribu.
 
“Selain karena untuk mengembalikan investasi, kenaikan ini juga, karena terjadi inflasi di Cirebon dan Bandung,” kata Suyitno.
 
Sebelum adanya kenaikan tarif ini, PT LMS sudah memberikan informasi kepada seluruh pengguna tol melalui spanduk, flyer dan sticker. Suyitno juga menuturkan, kenaikan ini juga mundur dari rencana awal. Karena seharusnya, kenaikan tarif ini bisa mulai diberlakukan pada bulan Juni kemarin.
 
“ Namun karena masih ada perbaikan, jadi kita fokus ke pembenahan dulu,” kata Suyitno.


(ALB)