Penutupan 37 Perlintasan Sebidang di Cirebon jadi Prioritas

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 31 Oct 2017 15:15 WIB
jalur kereta api
Penutupan 37 Perlintasan Sebidang di Cirebon jadi Prioritas
Seorang pesepeda melintas di perlintasan sebidang usai penutupan. Pesepeda tersebut melintas usai mengangkat sepeda menyeberangi pagar. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Cirebon: Pemerintah pusat menargetkan akan menutup ratusan perlintasan sebidang di sejumlah wilayah Inonesia. Program tersebut tengah dijalankan PT KAI Daerah Operasi (Daop) III Cirebon.

Manager Humas Daop III PT KAI Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, penutupan fokus pada perlintasan sebidang yang hanya memiliki lebar jalan 2 meter ke bawah. Karena itu, 37 dari 203 perlintasan sebidang dengan kategori jalan di bawah 2 meter di daerahnya akan jadi prioritas.

"Sehingga 37 perlintasan tersebut, yang menjadi target utama penutupan,” kata Kris, Selasa 31 Oktober 2017.

Daop III Cirebon tidak terlibat langsung dalam hal itu. Kris mengatakan, belum lama ini Dishub Jabar sudah meminta data perlintasan sebidang yang tersebar di wilayah Daop 3 Cirebon.

Berdasarkan data yang mereka miliki ada 86 perlintasan yang dijaga. Sedangkan 117 perlintasan lainnya tidak dijaga.

Kris sendiri tidak mengetahui kapan target penutupan perlintasan sebidang akan selesai, karena pihaknya tidak terlibat langsung dalam program tersebut. Namun, kegiatan penutupan sudah mulai dilaksanakan. Saat ini, sudah ada tiga titik yang sudah dilakukan penutupan.

"Yaitu di wilayah Pasir Bungur Subang, Cangkring dan Tanjung Brebes," kata Kris.


(SUR)