Sekolah di Bandung Ini Punya Toilet Setara Hotel Bintang Lima

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 05 Nov 2016 17:06 WIB
kebersihan
Sekolah di Bandung Ini Punya Toilet Setara Hotel Bintang Lima
Toilet yang terdapat di SMP Negeri 13 Kota Bandung. Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Toilet merupakan salah satu sarana yang begitu sangat diperlukan bagi setiap sekolah. Kondisi toilet pun menjadi cerminan kebersihan dalam setiap sekolah yang mampu membuat para pelajar betah.

SMP Negeri 13 bisa mewujudkan fasilitas toilet layaknya hotel bintang lima. Bagaimana tidak, toilet yang berada di salah satu sekolah unggulan di Bandung itu nampak bersih dan asri sehingga membuat para pelajar nyaman saat menggunakannya.

Terdapat 10 kamar kecil yang difasilitasi kloset duduk serta sebuah ember dan gayung. Kamar-kamar toilet yang luas masing-masing 2x2 meter itu pun harum. Pintu utama toilet berbahan kaca.

"Toilet di sekolah ini sudah masuk ke dalam kategori toilet bintang lima, seperti di hotel-hotel. Bersih, luas serta terawat sehingga bikin siswa nyaman menggunakannya," ujar Ketua Forum Rembug Peduli Bandung Sehat (FRPBS), Atalia Praratya, saat konferensi pers Toilet Bersih Sehatkan Bangsa, di SMPN 13 Bandung, Jalan Mutiara, Sabtu (5/11/2016).

Menurut istri dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ini, toilet berbintang lima harus memiliki beberapa kriteria. Seperti, tersedianya air bersih, satu kamar satu kloset, memiliki pintu yang bisa tertutup rapat, serta tersedianya westafle untuk cuci tangan.

"Tapi sekarang masih ada juga kan sekolah yang pintu toiletnya masih dipegang sama temennya, ditungguin. Nah, mudah-mudahan nanti semua sekolah bisa ngikutin seperti di sini," tuturnya.

Guna mewujudkan toilet bersih, Pemerintah Kota Bandung melalui FRPBS bekerja sama dengan Harpic Indonesia, salah satu perusahaan pembersih toilet, menyerahkan 50 ribu botol pembersih.

"Selain di sekolah SD dan SMP, kami akan salurkan bantuan tersebut ke masjid-masjid. Karena masjid juga harus bersih dan wangi," kata wanita yang akrab disapa si Cinta ini.

Sementara itu, Faraz Shamsi, Direktur Reckitt Benckiser Indonesia selaku perusahaan yang menaungi Harpic, mengaku gencar melakukan kegiatan tersebut di bidang pendidikan. Pasalnya, pendidikan diakuinya sebagai pondasi untuk kemajuan sebuah bangsa agar bersih dan sehat.

"Kami percaya pendidikan adalah pondasi penting untuk kemajuan bangsa. Kegiatan di sekolah hari ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menyebarkan kebiasaan positif, menjaga kebersihan toilet," kata Faraz.

Kegiatan di Kota Bandung merupakan awalan dari rangkaian pemberian donasi Harpic untuk membersihkan sarana toilet, baik itu di sekolah maupun tempat-tempat umum di lima kota besar di Indonesia yakni, Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, dan Medan.


(UWA)