Sejak KAA 2015, JPO Dekat Alun-Alun Bandung belum Dilintasi Pejalan Kaki

Roni Kurniawan    •    Selasa, 08 Nov 2016 10:33 WIB
infrastruktur
Sejak KAA 2015, JPO Dekat Alun-Alun Bandung belum Dilintasi Pejalan Kaki
JPO di Jalan Asia Afrika dekat Gedung Merdeka, Kota Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di kawasan Jalan Asia Afrika hingga kini belum berfungsi. Padahal bangunan tersebut dibangun menjelang peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 2015.

JPO mengusung desain heritage atau bangunan tua. Lokasinya tak jauh dari Gedung Asia Afrika di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari pantauan Metrotvnews.com, Selasa 8 November, pejalan kaki tidak dapat menggunakan JPO untuk menyeberang. Pintu ditempatkan di dua sisi jembatan. Sehingga pejalan kaki masih menyeberang di jalan raya.

Selain itu, bau tak enak tercium dari JPO. Malah tunawisma tidur di JPO.

Ayu Sri menyayangkan pemerintah tak memfungsikan JPO. Padahal, bila berfungsi, JPO dapat membantu warga yang hendak menyeberang.

"Iya harus menyeberangi jalan dengan hati-hati. Di sini satu jalur jadi banyak kendaraan yang melintas dengan kencang," kata Ayu Sri, 26, penjaga toko di sekitar Alun-Alun Kota Bandung di Jalan Asia Afrika.

Maman Sobrin, 34, mengaku belum pernah melintasi JPO menuju tokonya di Jalan Cikapundung Barat. Ia juga belum melihat pejalan kaki menggunakan JPO sejak peringatan KAA tahun lalu.

"Pas waktu itu aja pas KAA ini pernah dibuka, tapi sekarang saya lihat mah belum pernah dibuka lagi. Sayang, padahal banyak yang nyeberang di sini. Apalagi kalau sore sampai malam ramai orang-orang bolak balik nyeberang," tutur Maman.


(RRN)