Berdikusi Kebijakan BI dengan Milenial

P Aditya Prakasa    •    Rabu, 28 Nov 2018 20:17 WIB
ekonomi digitalBI Goes to Campus
Berdikusi Kebijakan BI dengan Milenial
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Arbonas Hutabarat. Medcom.id/P. Aditya Prakasa

Bandung: Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Arbonas Hutabarat berharap BI Goes to Campus bisa membuka ruang diskusi bersama para mahasiswa seluruh Indonesia. Generasi milenial juga perlu diedukasi mengenai program dan kebijakan-kebijakan bank sentral Indonesia ini.

"Dalam konteks pengelolaan komunikasi yang efektif, kegiatan edukasi publik penting dilakukan agar kebijakan BI dapat dipahami oleh publik secara umum. Edukasi ini akan memberikan ruang untuk berdiskusi sehingga nanti akan didapatkan masukan yang bagus terkait kebijakan BI," kata Arbonas di Gedung Sabuga Bandung, Jawa Barat, Rabu, 28 November 2018.

Ekonomi digital di era milenial saat ini, kata dia, sangat memengaruhi kehidupan masyarakat sehari-hari. Masyarakat perlu memahami pentingnya kekurangan, kelebihan, potensi, dan tantangan dalam penerapan ekonomi digital.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, kemajuan pesat teknologi ini akan mendorong seluruh masyarakat dunia termasuk indonesia mengalami prestasi revolusi teknologi yang berpengaruh kepada cara hidup, berkerja, dan berhubungan satu dengan yang lain," kata dia.

Pada 2020-2030, lanjut Arbonas, jumlah tenaga kerja kaum muda milenial diprediksi akan meningkat. Hal itu diakibatkan revolusi teknologi yang mendorong seluruh masyarakat di dunia termasuk Indonesia.

"Hal ini dapat memenuhi sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan industri teknologi Indonesia, khususnya yang menunjang penerapan revolusi 4.0. Dan kami yakin anak muda indonesia ini akan berawal dari sini, dari mahasiswa dan civitas akademik seluruh Indonesia," ucap dia.
 


(SUR)