Jabar Ajukan Rp600 Miliar untuk Penanganan Citarum

Roni Kurniawan    •    Senin, 26 Nov 2018 13:29 WIB
sungai
Jabar Ajukan Rp600 Miliar untuk Penanganan Citarum
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajukan anggaran sebesar Rp600 miliar untuk menangani Sungai Citarum di 2019. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajukan permohonan ini ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

"Rapat dengan Pak Luhut menyamakan anggaran untuk Citarum. Kita meminta dana sampai Rp600 miliar," kata dia di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 26 November 2018.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, Pemprov Jabar memiliki program untuk menangani permasalahan Citarum bersama TNI pada 2019. Dana sebesar Rp600 miliar pun dibutuhkan Jabar agar berbagai program bisa dijalankan. Dana tersebut sebagian akan digunakan untuk berbagai keperluan TNI.

Dana juga dipakai untuk pembuatan danau retensi (penyimpanan) di sekitar aliran Sungai Citarum. Salah satunya yang tengah dibangun di kawasan Cieunteung, Kabupaten Bandung.

"Karena gak cukup Cieunteung kan," sambungnya.

Baca: Pemprov Jabar Siapkan Strategi Normalisasi Sungai Citarum

Pemprov Jabar masih membutuhkan alat berat untuk mengeruk sampah serta pendalaman sungai di Citarum. Selain itu, Jabar butuh mesin pengelolaan sampah agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai yang telah tercemar tersebut.

Emil mengaku, pengajuan anggaran tersebut telah disetujui Menteri Luhur. Namun, keputusan akhir terkait anggaran tersebut berada di tangan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Saya akan rapat lagi minggu ini dan minggu depan menunggu undangan dari Kementerian Keuangan," pungkasnya.

 


(SUR)