Gempa 5,4 SR Guncang Sukabumi

Roni Kurniawan    •    Selasa, 08 Jan 2019 18:52 WIB
gempa bumi
Gempa 5,4 SR Guncang Sukabumi
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Bandung: Gempa berkekuatan 5,4 skala richter mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, 8 Januari 2019 sekitar pukul 16.54 WIB. Guncangan terasa hingga di 12 wilayah di Jawa Barat.

"Wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempabumi tektonik, info awal gempabumi ini berkekuatan M=5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,0," ujar Pusdalops PB BPBD Jawa Barat, Budi Budiman melalui keterangan tertulis.

Budi menjelaskan, gempa yang terletak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 kilometer arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi tersebut terasa hingga 12 wilayah di Jabar di antaranya Kota Bandung dan Kota Cimahi.

"Kabupaten/Kota merasakan adanya gempa, Kab Sukabumi, Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Bandung Barat, Kab Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kab Bandung, Kota Cimahi, Kab. Garut, Kab Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya," jelas Budi.

Budi kembali mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan hingga pukul 17.43 WIB, tidak ada dampak korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta benda.

"Tetapi pemantauan dan koordinasi dengan Kabupaten/Kita terus dilakukan oleh kami. Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat  dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG," pungkas Budi.


(DEN)