Bandros Kembali Beroperasi dengan Desain Baru

Roni Kurniawan    •    Senin, 10 Oct 2016 18:53 WIB
bandros
Bandros Kembali Beroperasi dengan Desain Baru
Penampilan baru Bandros. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Setelah hampir satu tahun tak muncul, kendaraan wisata Bandung Tour on Bus (Bandros) tampil dengan desain baru. Bus kebanggaan warga Bandung itu kini tidak lagi bertingkat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebut ada dua tipe Bandros. Yakni satu lantai dengan atap dan satu lantai tanpa atap. Saat ini, enam bus sudah mulai beroperasi kembali.

"Alhamdulillah Bandros sudah beroperasi lagi. Rutenya sudah ditentukan," ujar Emil saat ditemui di kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (10/10/2016).

Emil mengaku penghentian sementara Bandros lantaran terkendala Peraturan Kementerian Perhubungan. Salah satunya, tak boleh berlantai dua.

Baca: Setelah Mahasiswa Jatuh, Bus Bandros Dievaluasi Kepolisian

"Sekarang, semua perizinan yang sebelumnya menghambat sudah diselesaikan, legal formal sudah. Termasuk harus satu atap," tuturnya. Peluncuran ulang Bandros dilakukan Minggu malam (9/10/2016). 

Emil menyanggah jika banyak kabel yang melintang di ruas jalan Kota Bandung menjadi salah satu persoalan dilarangnya Bandros dengan dua lantai. Terlebih pada 2015 silam, seorang mahasiswa meninggal usai jatuh dari lantai dua Bandros setelah mengenai kabel yang melintang di kawasan Jalan Wastukancana.

"Kendala itu bukan soal kabel, tapi karena aturan di Kementerian Perhubungan," tegas Emil.

Baca: Bandros Sudah Didekorasi dan Siap Diberangkatkan untuk Menjemput Owi/Butet

Emil mengatakan, operator untuk Bandros masih tetap pihak ketiga. Pasalnya, enam Bandros yang ada saat ini merupakan hibah dari perusahaan swasta.

"Operasionalnya diserahkan kepada pengelola, bukan pemkot, karena ini dari CSR (corporate social responsibility)," pungkasnya.
(SAN)