NasDem Perkuat Koalisi Menuju Pilgub Jabar 2018

Jaenal Mutakin    •    Sabtu, 12 Aug 2017 16:46 WIB
pilkada 2018
NasDem Perkuat Koalisi Menuju Pilgub Jabar 2018
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, MTVN - Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jawa Barat bertemu dengan perwakilan dari tiga partai. Pertemuan bertujuan memperkuat komunikasi menuju koalisi Pemilihan Gubernur Jabar 2018.

Pertemuan itu dihadiri Ketua NasDem Jabar Saan Mustofa, Ketua DPW Hanura Aceng Fikri, Ketua DPW PPP Jabar Ade Munawaroh, dan Sekretaris DPW PKB Jabar Maulana Yusuf. Pertemuan berlangsung di Hotel Papandayan Bandung, Jawa Barat.

"Pertemuan ini untuk kedua kalinya, semoga menguatkan jalinan komunikasi yang telah terbangun, untuk membangun Jawa Barat, semoga PKB, PPP, Nasdem dan Hanura dapat membangun kebersamaan," kata Saan.

Aceng Fikri mengatakan pertemuan itu bertujuan memperkuat komunikasi politik menjelang Pilkada Serentak 2018. Bukan hanya Pilgub, pertemuan juga membahas koalisi di pemilihan kepala daerah yang berlangsung di 16 kabupaten dan kota.

"Dengan partai lain seperti PDIP dan PKB kita tetap komunikasi, kalau empat partai ini Koalisi yakni Hanura, Nasdem, PPP dan PKB cukup untuk menghadapi Pilgub Jabar," ujar Aceng.

NasDem mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018. Namun NasDem tak bisa melaju sendiri. Sebab Partai NasDem hanya memiliki 5 kursi di DPRD Jabar. Artinya, NasDem harus berkoalisi.

Sementara PKB mendapat 7 kursi. PPP memiliki 9 kursi. Sedangkan Hanura menduduki 3 kursi. Bila ditotal, koalisi empat partai ini mengantongi 24 kursi.

Dari 10 partai yang duduk di DPRD Jabar, hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung calon sendiri dalam Pilgub 2018. Yaitu 20 kursi. Itu sesuai dengan salah satu poin dalam peraturan KPU mengenai Pilgub.

Lihat video:



(RRN)