Dukungan PAN ke Ridwan Kamil Bergantung Bima Arya

Roni Kurniawan    •    Rabu, 23 Aug 2017 15:48 WIB
pilgub jabar 2018
Dukungan PAN ke Ridwan Kamil Bergantung Bima Arya
Zulkifli Hasan saat jumpa pers di Hotel Asrilia, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 23 Agustus 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan sikap terkait koalisi di Pilgub Jabar 2018. Partai berlambang matahari itu masih menjajaki beberapa nama kandidat. Termasuk Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar.

Khusus untuk Ridwan Kamil, kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, menunggu jawaban dari Wali Kota Bogor Bima Arya. Pasalnya, Ridwan Kamil secara terbuka ingin berduet dengan Bima Arya di pesta demokrasi tanah Pasundan tersebut.

"Saya sudah tanya kepada Bima Arya, sekarang ini sebagai Walkot (Bogor) minta waktu dua hari untuk beri jawaban bersedia untuk jadi wagub atau jadi walkot," kata Zulkifli Hasan saat jumpa pers di Hotel Asrilia, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 23 Agustus 2017.

Namun, jika Bima Arya menolak tawaran itu, PAN akan menempuh skenario lain. Yakni, mengarahkan dukungan pada Deddy Mizwar. "Ini keputusan kita, tunggu jawaban Bima Arya," kata Zulkifli. 

"Kalau dengan partai lain tidak ada wakil dari kader (yang menjadi calon), memungkinkan dukung Demiz. Tapi kalau ada wakilnya (yang jadi calon) bisa ke Ridwan Kamil. Kira-kira itu petanya," tambahnya.

Sekadar informasi, PAN hanya memiliki empat kursi dari total 100 kursi DPRD Jabar. Komposisinya, PDIP (20 kursi), Golkar (17), Demokrat (12), PKS (12), Gerindra (11), PPP (9), PKB (7), NasDem (5), dan Hanura (3).

Beberapa partai besar telah membentuk koalisi. Gerindra dan PKS sepakat bersatu untuk mengusung calon sendiri. Koalisi ini memunculkan nama Deddy Mizwar dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu. 

Sementara, PDIP-Golkar juga telah mantap koalisi. Namun, belum ada calon kuat yang dimunculkan dalam koalisi ini. Sementara, Ridwan Kamil sejauh ini baru didukung oleh Partai NasDem.


(SAN)