Bagi Santri, Jurnalistik Setara Dakwah

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 04 Oct 2018 17:00 WIB
metro tv
Bagi Santri, Jurnalistik Setara Dakwah
Pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Kiai Haji Aqil Siradj (KHAS) Kempek Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 4 Oktober 2018, Medcom.id - Ahmad Rofahan

Cirebon: Ribuan santri Pondok Pesantren Kiai Haji Aqil Siradj (KHAS) Kempek Cirebon, Jawa Barat, mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Metro TV, Kamis, 4 Oktober 2018. Pelatihan jurnalistik berkaitan dengan tema perdamaian.

Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek KH Mustafa Aqil Siradj mengatakan jurnalistik merupakan ilmu yang berkaitan dengan penyampaian informasi dan berita secara benar. Lantaran itu, para santri dapat memanfaatkan ilmu itu untuk berdakwah.

"Melalui belajar ilmu jurnalistik, bisa juga menentukan berita yang dibuat itu benar atau tidak. Karena jurnalistik itu, berkaitan juga dengan teori dakwah," ujar Kiai Mustafa di Cirebon.

Kegiatan itu dihadiri Head of Corporate Communications Metro TV Fifi Aleyda Yahya. Fifi mengatakan Metro TV memboyong dua presenter andal yaitu Rifai Pamone dan Zakia Arfan dalam kegiatan tersebut. Keduanya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia jurnalistik.

"Agar para santri dapat membedakan mana informasi yang benar dan mana yang tidak," ungkap Fifi.

Bukan hanya pesantren, Fifi mengatakan kegiatan itu juga digelar di sejumlah lembaga pendidikan. Metro TV, lanjut Fifi, berkomitmen menggelar kegiatan tesebut secara berkelanjutan.

Achyar, peserta pelatihan, mengatakan senang mengikuti pelatihan. Ia mengaku mendapat banyak pengetahuan, termasuk cara membaca berita.

"Banyak ilmu yang didapat, salah satunya cara baca berita," kata Achyar.


(RRN)