Aher Siap Gantikan Sandi

P Aditya Prakasa    •    Selasa, 14 Aug 2018 12:13 WIB
pks
Aher Siap Gantikan Sandi
Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

Bandung: Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dicabut dari keikutsertaan dalam Calon Anggota Legislatif (Caleg) 2019 oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pencabutan nama Aher diperkirakan ada tugas khusus untuknya dalam waktu dekat ini.

Pada 31 Juli Aher mengaku dihubungi Wasekjen DPP PKS Abdul Hakim untuk mengundurkan diri. Alasannya, ada penugasan khusus dari DPP untuknya. Aher menduga penugasan yang dimaksud besar kemungkinan berkaitan dengan pilpres yaitu menjadi salah satu kandidat Prabowo yang belum menentukan wakilnya.

Sebab, ada aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melarang bakal calon legislatif (bacaleg) masuk menjadi bakal calon presiden (bacapres) atau bakal calon wakil presiden (bacawapres).

"Bisa jadi dalam rangka itu (Aher ditunjuk jadi Calon Wakil Presiden menemani Prabowo). Saat itu masih ada kemungkinan kader PKS maju jadi Cawapres," kata Aher di Bandung, Selasa, 14 Agustus 2018.

Namun, momentum pendaftaran capres dan cawapres telah lewat,. Prabowo bersama partai koalisi sepakat untuk memilih Sandiaga Uno sebagai pendampingnya. 

Kabar terkait ditariknya Aher dari daftar caleg DPR Pemilu 2019 PKS itu pun memantik spekulasi akan dipilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Namun, Aher juga belum mengetahui dengan jelas. Tapi jika memang ditugaskan partai, Aher mengaku siap. 

"Saya siap ditugaskan partai di mana saja," ucap Aher.

"Selama ini saya bekerja sesuai dari penugasan partai. Jadi caleg saya ikuti, diperintah jadi cagub sudah dua kali, alhamdulillah menang. Kalau dihitung-hitung udah 20 tahun saya mengikuti instruksi partai, dari umur 33 tahun sampai 52 tahun," kata Aher menambahkan.

Aher mengatakan saat ini sedang menikmati hari-hari tanpa jabatan publik yang mengikatnya. "Saya sekarang santai. Orang bilang akan ada post power syndrome, saya enggak ngerasain itu. Sedang menikmati hari-harilah," ucap Aher.


(ALB)