Libur Paskah, Kendaraan Mulai Serbu Bandung

Roni Kurniawan    •    Jumat, 30 Mar 2018 11:43 WIB
liburan paskah
Libur Paskah, Kendaraan Mulai Serbu Bandung
Antrean di Tol Pasteur II

Bandung: Lebih dari 20 ribu kendaraan telah masuk ke Kota Bandung melalui gerbang tol Pasteur sejak Kamis, 29 Maret malam hingga Jumat 30 Maret pagi. Libur panjang tersebut bertepatan dengan libur Paskah pada Jumat, 30 Maret 2018.

Menurut Kepala Shift Pengumpulan Tol Pasteur I, Afriza, sejak Kamis siang jumlah kendaraan yang masuk terus mengalami peningkatan. Pada shift siang Kamis kemarin pukul 14.00 - 22.00 WIB, sebanyak 14.559 kendaraan yang keluar dari GT Pasteur.

"Pukul 22.00 Kamis malam hingga Jumat pukul 06.00 sebanyak 5.959 kendaraan. Mulai menurun karena dini hari. Tapi dari 06.00 sampai jam 10.00 sekarang, sudah ada 7.446 kendaraan yang exit. Mulai terlihat lagi ada peningkatan," kata Afriza kepada Medcom di Kantor Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Pasteur, Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung, Jumat 30 Maret 2018.

Afriza mengatakan, kendaraan yang keluar dari GT Pasteur atau masuk ke Bandung mayoritas dari arah Jakarta dengan plat nomor kendaraan B. Hal itu terlihat dari pantauan monitor, kendaraan jenis minibus dan sedan mendominasi GT Pasteur.

"Kebanyakan dari arah Jakarta, plat B. Kalau jenis kendaraannya minibus dan sedan. Ada juga bus pariwisata, tapi enggak terlalu banyak karena libur sekolah SD sudah dari senin kemarin, dan kebanyakan hari biasa," ujar Afriza.

Sementara itu, meski jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bandung terus meningkat, namun tidak terjadi antrean panjang menuju exit GT Pasteur. Hal itu disebabkan karena telah diterapkannya e-money untuk pembayaran di 8 gardu exit GT Pasteur.

"Antrean tidak terlalu panjang, karena sekarang kan sudah pakai e-money. Jadi tinggal tap kartu, jadi mengurangi waktu antrean," kata Afriza.


(ALB)