Area Kolam Retensi di Kabupaten Bandung Diperluas

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 17 Nov 2017 20:33 WIB
banjir
Area Kolam Retensi di Kabupaten Bandung Diperluas
Warga menggunakan perahu untuk menembus banjir di Baleendah, Kab Bandung, Jumat 17 November 2017, MTVN - Octavianus

Bandung: Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) masih terus melakukan pembenahan di Sungai Citarum, yang menampung air banjir di wilayah Kabupaten Bandung.

Kepala BBWS Yuda Mediawan menuturkan kolam retensi yang awalnya sempat dibangun sebagian kini telah diperluas dengan ukuran 8,7 hektar.

"Guna kolam retensi ini, untuk menampung air dari daerah selatan, karena banjir di Kabupaten ini meluas maka kita bangun juga agak luas bentuknya semacam kolam," ungkap Yuda, Jumat 17 November 2017.

Yuda menerangkan gambaran kolam retensi ini nantinya kolam tersebut akan dioperasikan ketika banjir besar datang. Harapannya aliran air dari sungai-sungai di Bandung dan Kabupaten Bandung tidak langsung masuk sungai Citarum.

"Nanti kita pompa, jadi ketika air sungai dari luar masuk dulu ke kolam ini setelah itu baru kita pompa yang kemudian dialirkan ke sungai Citarum. Kalau nantinya debit air Citarum sudah turun baru dirilis secara manual," bebernya.

Selain itu, Sungai Citarum lama nantinya akan direhabilitasi agar bisa menampung sementara air banjir.

"Jadi tidak akan diaktifkan lagi, tapi kita rehabilitasi seperti di bersihkan dari sampah - sampah," jelasnya.

Saat ditanya mengenai Cieunteung yang merupakan tempat pembangunan Danau retensi tersebut, menurutnya Yuda pihaknya telah membayarkan pembelian tanah warga di wilayah tersebut.

"Ini sudah masuk tahap dua, warga juga antusias menerima intinya 2018 pembuatan kolam ini harus selesai," pungkasnya.


(RRN)