Kalla Kagumi Konstruksi Jembatan Pelangi

Roni Kurniawan    •    Selasa, 24 Jan 2017 13:02 WIB
infrastruktur
Kalla Kagumi Konstruksi Jembatan Pelangi
Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Jembatan Pelangi, Kota Bandung. Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meresmikan Jembatan Layang "Pelangi" Antapani Bandung, Jawa Barat, Selasa 24 Januari. Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kalla naik mobil golf meninjau langsung jembatan sepanjang 440 meter itu.

Kalla kagum atas konstruksi jembatan tersebut. "Jembatan dengan konstruksi baja bergelombang merupakan pertama kali dibangun di Indonesia. Ini bisa jadi percontohan daerah lain," kata Kalla, di sela-sela peninjauan.

Selain murah, kata dia, pembuatan jembatan berbahan baja ringan juga cepat. "Dengan anggaran terbatas, tapi ingin hasilnya lebih banyak. Nah, ini bagus karena dengan sekitar Rp30 miliar sudah bisa bangun jembatan sebagus ini. Ini gunanya suatu teknologi campuran," kata dia.

Teknologi jembatan baja bergelombang, kata dia, merupakan teknologi lama. Namun, ada beberapa sentuhan baru sehingga proyek pengerjaan jembatan layang tersebut lebih cepat dan lebih murah.

"Biasanya (teknologi ini digunakan) digorong-gorong. Tapi, bentangannya panjang dan strukturnya ringan. Ini disebut teknolgi amco. Ini bekerja sama dengan Korea Selatan. Korea teknologinya teruji. Ini ikut saya ya. Lebih cepat lebih baik. Teknologi itu cepat berkembang," kata dia.

Kalla menyempatkan diri berjalan kaki dari tengah jembatan kembali ke tempat acara di Jalan Jakarta. Dia ingin lebih dekat melihat karya seni yang menghiasi sisi kanan dan kiri jembatan.

Ditemani Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, beberapa kali Kalla berhenti dan berbincang.

Penamaan 'Pelangi', menurutnya, juga pas dengan polesan berbagai warna yang menghiasi sepanjang jembatan. "Kasih lampu pelangi kalau malam biar terang warna-warni," kata dia.


(UWA)