Cipali Tak Lagi Ampuh Tingkatkan Hunian Hotel di Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 10 Sep 2016 12:12 WIB
wisata
Cipali Tak Lagi Ampuh Tingkatkan Hunian Hotel di Cirebon
Ilustrasi. Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Cirebon: Peningkatan jumlah hunian hotel sebagai imbas dari keberadaan Tol Cipali, kini sudah tidak dirasakan lagi para pengusaha hotel di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sejak awal 2016 ini, tingkat hunian hotel di Kota Cirebon menurun secara drastis, bahkan tidak sampai 50 persen.

Ketua Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki, mengatakan, saat Tol Cipali dibuka hingga pertengahan tahun 2015, hunian hotel di Kota Cirebon mencapai 70 persen. Namun, awal 2016 hingga sekarang, hunian hotel hanya 40-50 persen.

“Pada akhir pekan pun tidak seramai sebelumnya,” kata Kiki, Sabtu (10/9/2016).

Turunnya tingkat hunian ini, dugaan Kiki, karena objek wisata di Cirebon belum dikelola dengan baik. Apalagi mayoritas wisatawan yang datang ke Cirebon hanya untuk merasakan kuliner dan belanja.

“Sehingga mereka hanya datang pagi dan sore langsung pulang,” kata Kiki.

Untuk menggairahkan bisnis hotel di Cirebon, PHRI bekerja sama dengan Pemkot Cirebon mengadakan Cirebon Super Sale. Program yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-647 Kota Cirebon ini adalah pemberian diskon 50 persen untuk seluruh wisatawan yang akan menginap di hotel di Cirebon. 

Penawaran tersebut berlaku pada 24 September-9 Oktober 2016. “Seluruh hotel di Kota Cirebon ikut dalam program ini,” kata Kiki. Wisatawan juga disuguhkan kesenian khas Cirebon.




(UWA)