Pertamina Balongan Salurkan Avtur Perdana ke Bandung

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 31 Dec 2016 10:24 WIB
pertamina
Pertamina Balongan Salurkan Avtur Perdana ke Bandung
Pelepasan truk pengangkut avtur perdana ke DPPU Husein Sastranegara, oleh Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Indramayu: Pertamina Refinery Unit VI Balongan menutup akhir tahun dengan memproduksi dan menyalurkan perdana avtur ke Deposit Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat.

Penyaluran perdana ini ditandai dengan pelepasan dua truk tanki avtur yang akan dikirim ke DPPU Husein Sastranegara, kemarin. Pelepasan dipimpin Wakil Direktur Pertamina, Ahmad Bambang.

General Manager RU VI Balongan, Afdal Martha, mengatakan produksi avtur yang dilakukan Pertamina Balongan merupakan salah satu solusi dari tingginya kebutuhan avtur di Indonesia.

Afdal menyebutkan kebutuhan avtur nasional mengalami peningkatan sekitar 3 persen setiap tahunnya. Pada tahun 2015 kebutuhan avtur nasional mencapai 12.400 KL/hari.

"Diprediksi pada 2025 nanti, kebutuhan avtur nasional mencapai 17.000 KL/hari," kata Afdal, di Indramayu.

Saat ini, melalui break through project produksi avtur tahap I, RU VI Balongan dapat memproduksi avtur 200 KL/hari. Avtur ini untuk menyuplai kebutuhan di Bandar Udara Husen Sastranegara.

Ke depan, RU VI Balongan bisa memproduksi hingga 1.900 KL/hari. Pencapaian itu nantinya dibagi dalam tiga tahap hingga 2019.

"Kita coba mempercepat target ini, sehingga pada 2018 target bisa tercapai," kata Afdal.



(UWA)