Berwisata ke Pusat Kerajinan Rotan Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 11 Jul 2018 12:29 WIB
pariwisata
Berwisata ke Pusat Kerajinan Rotan Cirebon
Warga membuat kerajian rotan di Wisata Rotan Galmantro di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Cirebon, Jawa Barat, saat ini menjadi salah satu tujuan wisata. Tak hanya warga lokal, warga dari berbagai daerah lain pun berdatangan.

Selain karena akses transportasi yang mudah, tempat tujuan wisata di Cirebon pun cukup beragam. Lokasinya pun tak jauh, hanya sekitar satu kilometer dari pintu keluar Tol Plumbon-Cirebon.

Wisatawan yang datang ke Cirebon, didominasi oleh wisatawan yang bertujuan untuk wisata kuliner, sejarah, budaya dan belanja. Namun, masih sedikit yang mengetahui tentang wisata edukasi yang ada juga di Kota Udang ini.

Salah satu wisata edukasi yang ada di Cirebon, yaitu Wisata Rotan Galmantro di Desa Tegalwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Desa ini memang terkenal dengan pusat perajin rotan.

Hasil karya warganya juga sudah tersebar di seluruh penjuru negeri. Bahkan hingga menembus pasar global.


Pintu masuk  ke kawasan Wisata Rotan Galmantro di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan


Kuwu (kepala desa) Tegal Wangi, Iskandar mengatakan, total penduduk di desanya mencapai 10 ribu jiwa. Dari sebanyak 80 persen di antaranya bermata pencaharian sebagai perajin rotan.

Iskandar menyebutkan, hampir seluruh rumah yang ada di Desa Tegalwangi mengerjakan kerajinan rotan. "Hampir semua rumah, melakukan pembuatan kerajinan rotan," ujar Iskandar.

Desanya secara resmi menjadi wisata rotan dengan nama Wisata Rotan Galmantro sekitar 2015. Dengan diresmikannya wisata rotan ini, ribuan wisatawan telah berkunjung ke desanya.

Biasanya wisatawan datang dengan cara rombongan. Ada yang bertujuan untuk studi banding atau sekadar ingin melihat pembuatan kerajinan.

"Ada juga yang mau belajar atau melihat langsung proses pembuatan kerajinan rotan," kata Iskandar.

Sejumlah wisatawan dari berbagai provinsi dan luar negeri sudah pernah berkunjung langsung ke desa ini. Salah satunya adalah wisatawan asal Sulawesi.

Iskandar menceritakan, wisatawan dari Sulawesi melakukan kunjungan untuk bisa melihat langsung proses pembuatan rotan di desanya. Wisatawan juga belajar tentang pemanfaatan rotan. Pasalnya, bahan baku rotan yang dibuat oleh para perajin rotan di desanya berasal dari Sulawesi.

"Jadi, mereka itu aneh. Rotannya dari Sulawesi, tapi yang terkenal di Cirebon," kata Iskandar.


Tim Medcom.id mencoba membuat kerajian rotan di Wisata Rotan Galmantro di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Berkunjung ke Wisata Rotan Galmantro akan disuguhi pengalaman yang menarik. Wisatawan akan diantar berkeliling ke lokasi perajin. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar langsung cara pembuatan kerajinan rotan.

"Nanti bisa belajar menganyam, menyerut rotan, membuat kerangka kerajian dan lainnya,"kata Iskandar.

Wisatawan dianjurkan untuk terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak desa atau pengelola Wisata Rotan Galmantro untuk bisa berkunjung ke tempat wisata edukasi ini.


(SUR)