Pemkot Bandung akan Beli Saham BJB

Roni Kurniawan    •    Rabu, 12 Dec 2018 15:05 WIB
bank bjb
Pemkot Bandung akan Beli Saham BJB
Logo Bank BJB, dok: istimewa

Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menyiapkan dana Rp10,35 miliar untuk membeli saham Bank Jabar Banten. Saham itu merupakan bagian dari saham yang dilepas Pemprov Banten dari BJB.

Pemprov Banten melepas saham sebesar 5 persen atau sekitar Rp300 miliar di BJB. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Bandung, Selasa 11 Desember 2018 kemarin.

Baca: Emil Sebut Banten akan Lepas Saham BJB

Menurut Wali Kota Bandung Oded M Danial, Pemkot Bandung mengetuk anggaran sebesar Rp10,35 miliar untuk membeli sebagian saham tersebut.

"Untuk 2019 sudah diketuk palu, kita siapkan Rp10,35 miliar untuk menambah saham (di Bank BJB)," kata Oded di Bandung, Rabu 12 Desember 2018.

Oded menuturkan, hal itu dilakukan guna mendongkrak Penyertaan Modal Pemerintah Daerah ke PT Bank Jabar Banten. Hal itu, lanjut Oded, telah sesuai dengan konsideran Permendagri No.52 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Investasi Daerah.

"Ya mudah-mudahan berjalan lancar," harap Oded.

Selain itu Oded angkat bicara terkait pemberhentian Ahmad Irfan dari jabatan Direktur Utama Bank BJB. Pasalnya hal itu diakui Oded tidak berpengaruh pada Pemkot Bandung secara langsung.

"Tidak apa-apa ganti juga, tidak ada pengaruh. Yang penting mah penggantinya harus lebih baik," tegas Oded.


(RRN)